Saturday, January 26, 2013

Blog 2 Bahasa Indonesia dan english

Sesuai judul di atas Blog 2 bahasa indo atau english, dengan melihat blog ini mungkin anda sudah tau maksud judul itu, blog ini campuran alias campur aduk layaknya es campur, bahasa indonesia ama inggris. 

Bagi anda yang bingung memilih bahasa blog kebanyakan jalan keluarnya adalah membuat 2 blog bahasa indonesia dan english, jalan tersebut adalah yang termudah jika anda punya waktu, walaupun sebelumnya google memang sudah menyediakan widget translate namun hasil terjemahan kadang lebih ancur dan jarang orang memakainya, kecuali jika memang artikel anda penting di share sana sini dan satu-satunya di dunia/google, dari segi search engine orang pastinya juga menggunakan bahasanya masing-masing, jika ga ada versi Indo, larinya ke english. 
Nah saya ingin memberikan sedikit gambaran mengapa anda bingung untuk memutuskan bahasa blog, hal ini bisa terjadi, walau sebenarnya kita ga jago-jago english amat / blepotan, bahasa Indonesia saya pun ga lulus. :D

Langsung saja, berikut faktornya
1. Anda malas bikin 2 blog menggunakan 2 bahasa berbeda (seperti orang yg punya blog ini)
ya pastinya, secara 1 blog aja perlu banyak waktu (jika anda memang seorang penulis orisinil yang ga copas artikel lain dan memikirkan kualitas konten)
2. blog memang untuk mendunia
Kita tidak bisa total jika hanya menggunakan bahasa Inggris karena keterbatasan kata, sehingga menyebabkan anda ingin menggunakan bahasa indonesia untuk pengunjung lokal, biar lebih friendly. Tapi dari segi pihak anda ingin mendapatkan visitor dari pelosok bumi untuk memasarkan bisnis online anda. Oleh sebab itu jika konten/topik anda hanya berisi informasi seputar daerah sebaiknya pakai bahasa yang dimengerti. Apalagi jika tujuan anda murni untuk ber blogging dan berbagi satu bahasa akan lebih fokus.
 3. Judul posting
Jika memang topik anda unik dan berguna untuk semua umat manusia (misal tentang bisnis terheboh sehingga meraih banyak pengunjung luar dan lokal), kenapa tidak? jika hanya menggunakan bahasa Indo kan sayang, sebaliknya topik dalam negeri misalkan tentang bisnis PTC lokal diformat penjelasannya dalam bentuk bahasa inggris akan terlihat aneh, apalagi kalau judul bahasa inggris tapi isinya bahasa Indonesia.

Timbul pertanyaan masih mengganjal, terus bagus tidak sih 2 blog yang bahasanya campur aduk? ok, sebelumnya simak dulu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan
1. Blog yang memiliki 2 bahasa memiliki jaringan lebih luas, dan dapat meningkatkan pengunjung dan sales produk bisnis universal anda.
2. Melatih Bahasa Inggris anda tentunya
3. Topik dan materi akan lebih banyak, anda bebas berkarya

Kekurangan
1. Pengunjung mungkin tidak suka karena sebagian artikel memakai bahasa berbeda sehingga menurunnya pembaca artikel terkait (anda hanya mendapat pengunjung hasil dari search engine ke topik tertentu) bila blog belum populer.
2. Sulit untuk mendapatkan follower (jika artikel tidak terlalu menarik atau bikinnya hanya setengah-setengah) karena blog 2 bahasa tidak terfokus untuk bahasa asal pembaca.
3. Dari segi SEO mungkin bermasalah apakah google sulit ngecrawl atau ngeindex (belum pasti juga sih nanti deh di analisis lebih lanjut)
4. Sulit untuk setting meta keyword (tidak terfokus), sehingga akan berakibat berkurangnya kapasitas density pada tiap artikel
5. Anda harus mendeklarasikan bahasa (misal untuk bahasa english, tambahkan di HTML posting <html lang="en"> )  
6. Keterbatasan kata.
7. Traffic Alexa tidak terfokus, visitor luar dan daerah sehingga sulit untuk meningkatkan rangking, perlu kerja lebih extra

Tuh banyak kan kekurangannya, Jadi? Saya menyarankan jika topik anda terfokus pada bidang tertentu (misal tentang seo blogging) pilih lah satu bahasa saja sehingga pengunjung lebih friendly terhadap artikel terkait untuk meningkatkan bouncing rate, sedangkan jika konten anda International atau campur aduk (misal tentang download game, musik, video atau ada bisnis online) maka bahasa bisa disesuaikan.

Pertanyaan bagaimana jika dalam satu artikel di gabung 2 bahasa? atau masing masing artikel di buat versi indo dan englishnya dalam satu blog?
Memang hal itu bisa dilakukan, tapi sayangnya sesuai dengan pernyataan Google bahwa membuat berbagai konten yang sejenis bisa dicurigai untuk mendominasi serp sehingga akan kena amukan si pinguin tentang duplikasi konten. Tentu kita tidak mau hal tersebut karena akan berakibat buruk pada blog kita. Selama google tidak menyadarinya silahkan anda lakukan dengan syarat tidak menggunakan media translating (harus tulis ulang agar kita bisa membuat sedikit perbedaan dari artikel sebelumnya)


Kesimpulan
Tidak ada salahnya kita mencoba sesuatu berbeda selama anda enjoy-enjoy saja (bahkan jika hanya iseng agar keliatan keren), blog adalah luapan hati si pemilik, kita bebas berkarya, seperti orang bilang salurkanlah bakat asalkan kreatifitas selalu di jaga. Bahasa tidaklah masalah jika artikel memang bagus dan informative, selama masih bisa dipahami.

Karena blog ini masih baru saya akan lihat dampaknya nanti (tapi tergantung konten masing-masing juga, jadi tidak bisa jadi patokan sukses atau tidaknya hanya karena 1 atau 2 bahasa) dan sebenarnya blog ini awalnya bertujuan untuk memasarkan link-link Bisnis PTC di traffic exchange, bukan dari segi konten. Tapi tidak tahu kenapa saya jadi tertarik menulis hehe..

Sekian infonya mengenai blog 2 bahasa indonesia dan english, semoga anda dapat memutuskan bahasa apa yang dipakai di blog anda, cherrss.. :)

14 comments:

  1. Mantap gan, mau bikin blog dengan 2 bahasa rencana nya

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. mantap om,, artikelnay jadi takut an ebikin blog multi lingual,,

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. mantep infonya... mau bikin dua bahasa jadi rada ragu. soalnya client kebanyakan dari luar juga. tapi pengen friendly buat orang indonesia juga :)

    ReplyDelete
  6. info yang sangat bermanfaat memeri pencerahan Bro. tg infonya

    ReplyDelete
  7. Iya sudah deh gak jadi bikin dua bahasa.

    ReplyDelete
  8. Terimakasih banyak infonya, sudah lama saya mempertanyakan hal ini

    ReplyDelete
  9. Gan klo ke adsenenya ngaruh gak pke 2 bahasa

    ReplyDelete

Silahkan bertanya dan berkomentarlah sesuai topik

(SPAM) & (ACTIVE LINK) will be deleted,
if can don't use anonymous as it will considered as spam