Monday, January 14, 2013

Cara menghilangkan duplicate title tag

Kali ini saya akan berbagi Teknik Jitu cara menghilangkan duplicate title tag, bagi newbie blogger seperti saya mungkin sebagian menghadapi masalah ini.

Title tag merupakan salah satu unsur yang penting dalam penentuan SERP untuk blog kita, dengan adanya duplicate tag dapat menimbulkan kebingungan untuk search engine, selain itu gunanya juga biar google mudah ngeindex, ketimbang blog yang ga ada title tagnya, untuk itu hal yang perlu diperhatikan:

1. Selalu sertakan title tag di setiap halaman web anda
2. Buat title tag tidak lebih dari 11 kata / 70 karakter
3. Gunakan keyword yang relevant dalam title page anda
4. Jangan duplicate title tags di semua halaman, setiap halaman harus mempunyai titlenya masing-masing

yang no 4 adalah yang terpenting, langsung kita bahas untuk sobat yang bermasalah, sebenarnya caranya sangat mudah, sebelum mengubah HTML diharapkan pilih cadangkan atau save dulu
1. Masuk template, klik Edit HTML
2. Cari bagian <Head>
3. Hapus <title><data:blog.pagetitle/></title>  yang ada dibawah <Head>
4. (Skip langkah ini jika anda sudah pasang Tag) Untuk yang masih belum pasang Tag Gantikan dengan kode dibawah ini (yang warna biru ganti sesuai nama blogmu)
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> | Nama Blog </title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>
 untuk mengetahui macam-macam jenis tag kunjungi Topik meta tag title
5.  Ini yang paling penting, Setelah itu cek dan hapus jika ada <title><data:blog.title/> atau <data:blog.pageTitle/></title> lainnya selain kode diatas. (khusus hanya untuk wilayah Head dan meta tag)

6. Setelah dipastikan tidak ada lagi, kemudian save, dan cek halaman homenya apakah sudah ada nama title tag atau masih untitled, cek juga halaman lain apakah masih double title tag, jika masih terduplicate, kemungkinan adanya <title>data:blog</title> selain yang ada dibawah <head> (Hal ini terjadi saat kita sering setting dan menambahkan kode html sehingga ada yang lupa dan ke double) gunakan control+f , cek lagi kalau perlu hapus dulu semua perubahan pada meta tag.

demikian cara untuk menghilangkan duplicate title tag atau meta tag, intinya pastikan tidak ada kode <title> </title> selain diatas.

11 comments:

Silahkan bertanya dan berkomentarlah sesuai topik

(SPAM) & (ACTIVE LINK) will be deleted,
if can don't use anonymous as it will considered as spam