Friday, February 8, 2013

Cara agar artikel di halaman Pertama google

google page
Salam blogger, Setelah sebelumnya membicarakan masalah cara agar artikel cepat ke index
Kini saya akan melanjutkan membahas tips cara agar artikel blog muncul di halaman pertama google (sekedar hanya ingin berbagi info). Banyak sekali blogger memberikan tips ini menurut versinya masing-masing jadi anda bisa mengambil kesimpulan dan inti yang mana paling dominan. Seperti kita ketahui tentu hal ini tidaklah mudah tergantung masalah dan topik yang anda buat, dan mengingat saya dan anda (mungkin) juga blogger baru, hal ini tidak menutup kemungkinan bagi blog anda umurnya di bawah 1 bulan artikelnya bisa muncul di halaman pertama, jadi jangan berpikir kalau blog baru di tahun 2013 sulit karena udah banyak senior, apakah blog baru atau blog lama, kita bisa mendapatkan kesempatan untuk nunjukin artikel kita berbobot kepada google (jadi kalau jiplak dari artikel tahun 2010 sama saja bohong kan).


Banyak sekali faktor penentu posisi SERP, ada ratusan bahkan ribuan variabel yang menjadi faktor perankingan (wah lebay, sebenarnya hanya sekitar ratusan faktor bukan ribuan :D), kita tidak bisa bermodalkan hanya karena artikel baru dan lebih fresh, tapi juga harus berkualitas dari segi konten maupun authornya, apa maksudnya berkualitas disini? konten anda original dan tidak pasaran maksud pasaran disini bukan berarti anda copas ya (kalau copas sih memang tidak berkualitas sama sekali), (contoh misalkan bikin artikel tips seo) walaupun info anda berikan lebih bagus, tidak copas dan ter update, namun pada dasarnya sudah banyak yang membicarakan masalah tersebut bahkan dengan judul hampir mirip dengan anda, maka artikel anda akan kurang berkualitas NAH disinilah author rank / Page Rank berfungsi untuk membantu penilaian google (bukan hanya PR dan AR saja, pastinya akan memerlukan banyak cara seperti SEO//link/traffic untuk mendukung persaingan posisi SERP).

Oke langsung saja step by step urutan tips dasar menentukan artikel pantas di Halaman utama
  • Content Original adalah yang terpenting untuk seorang blogger, semakin langka dan unik konten, semakin tidak perlu anda memerlukan penilaian lainnya dari google. Tapi diharapkan tidak membuat terlalu unik dengan mengacuhkan keyword penting, sehingga tidak ditemukan di hasil SERP (hehe)
  • Gunakan Traffic exchange, hal ini paling cepat untuk mendongkrak page view artikel (jika blog anda masih baru dan belum join google adsense) anggaplah mempromosikan blog baru anda, dengan cara ini juga akan mudah mempertahankan posisi peringkat. Lebih jelas tentang trafik kunjungi alexa rank
  • Isi artikel haruslah mendukung keyword judul, misal judul "cara terbang", tapi isi artikelnya tidak ada kata "terbang" tapi diganti dengan "melayang" (namun jangan terlalu banyak juga menggunakan keyword di dalam artikel karena akan di anggap spam oleh google sehingga malah akan menurunkan kualitas konten, contoh (kucing lucu memang asik karena kucing lucu itu imut sehingga kucing lucu diminati dan membuat kucing lucu mahal)
  • Judul harus punya keyword yang sering digunakan orang untuk search engine, karena pengetikan di search engine sangat berpengaruh besar, (tapi tidak mesti semua judul anda usahakan untuk mesin pencarian, jika anda mengandalkan artikel terkait maka buatlah judul yang unik sehingga membuat penasaran pengunjung) jika blog masih minim artikel terkait, walaupun konten sudah bagus, anda perlu optimasi ini untuk mesin pencarian karena tergantung dengan visitor keyword, jika ditanya seberapa besar pengaruhnya? dibawah contoh artikel dengan menggunakan keyword simpel.
http://kyinfo.blogspot.com/ 



















  • Tekan google+ pada artikel sudah jadi dan pilih berbagilah, tapi jangan terlalu sering/spamming
  • Optimasi SEO on-page pada blog, title tag, meta description, keyword, etc (saya rasa sudah jelas) dengan mengoptimalkan seo dan keyword density akan membuat artikel lebih mudah untuk muncul di halaman utama SERP, Optimal bukan berarti berlebihan, misal untuk meta description dan keyword (dibawah 70 kata / 350 character) title tag (11 kata / 70 character). Semakin terfokus H1 anda pada satu topik semakin besar anda memiliki kesempatan merajai keyword tersebut, lebih jelas kunjungi tentang meta tag title . Google juga menyatakan page load site yang cepat akan menjadi prioritas dan disukai bukan hanya bagi pengunjung tapi juga google.
  • Kumpulkan backlink berkualitas dan relevan, meningkatkan authoritas, menjalin sosial kesesama blogger, tingginya page rank memang membantu dan backlink relevan menjadi nilai tambah untuk persaingan di serp, pengunjung juga akan sering meninggalkan komentar, bukan itu saja inbound link dapat memperkuat keyword di seluruh blog, tapi sekarang hal itu tidaklah cukup dengan adanya sistem baru authorship, hal ini sebagai nilai tambah penilaian google sehingga tidak hanya sekedar melihat page rank, jadi walaupun anda membuat artikel pasaran dengan dukungan PR dan AR, maka akan lebih mudah untuk besaing. Silahkan kunjungi artikel tentang membangun backlink

Google memang penuh misteri mungkin masih banyak faktor penentu, berikut adalah hal tak terduga
http://kyinfo.blogspot.com/

 

Contoh Blog digunakan untuk promosi PTC dengan page rank flow yang rendah, saat digunakan menulis artikel tentang game (dengan bahasa inggris seadanya), nembus di halaman pertama dari 21,000,000 result, di atas website mmorpg.com, jelas ini karena berdasarkan kata kunci judul yang digunakan pada search engine (seperti saya bilang judul artikel sangat menentukan)





kemudian lihat setelah kata kunci judul saya gunakan dihilangin sebagian  
http://kyinfo.blogspot.com/ 
turun ke urutan paling bawah namun masih di page 1 

Jadi? selain judul menurut saya adalah traffic/visitor, dilihat blog ini masih minim jumlah artikel (hanya 2 artikel) mengupas masalah topik game, dan page rank, backlink 0 / alexa no data (pada bulan pertama), tetapi dengan traffic buatan (traffic exchange) dengan mudahnya naik posisi SERP, memang betul konten tetap raja tapi bukan berarti anda memerlukan konten yang sempurna, maksud google mungkin asalkan original / tidak copas itu sudah cukup (walaupun seperti artikel saya englishnya ancur lebur, tapi karena karya sendiri dan Traffic exchange yang saya gunakan untuk menambah traffic sangat membantu).

Yang kedua adalah optimasi SEO h1/keyword dan inbound link / PageRank , dari hasil serp di atas, banyak website lain muncul padahal hanya beberapa keyword di judul mereka yang matching seperti "MMO" atau "best/good", ini membuktikan dengan optimasi keyword yang optimal dan backlink relevan akan membuat website muncul dihalaman pertama tanpa harus 50-100% sama dengan kata kunci visitor disearch engine. (mungkin itulah kelemahan website saya yang masih kurang membahas topik game, kurangnya keyword, dan backlink dari situs game)

Kesimpulan
Intinya adalah balik lagi ke konten, loh kenapa? seperti penjelasan di artikel mengenai konten vs PR , maka seberapa unik, berkualitas dan sering dicari orang (itu memang sulit) akan mempengaruhi SERP anda, persaingan bisa saja menjadi lebih ketat (tergantung topik yang dibahas), jika sudah begitu SEO on page, sosialisasi network, dan inbound link/pagerank lah menjadi andalan anda untuk persaingan, itu saja tips agar artikel di halaman Pertama google dari saya, mengingat pengalaman blogging masih terbatas.

Di sisi lain ada baiknya jangan tergesa-gesa, seorang blogger sejati tidaklah terlalu memperdulikan hal ini, karena mereka blogging bukan bertujuan untuk mencari halaman pertama, pengunjung, sekedar traffic dan penghasilan layaknya seorang pebisnis, melainkan berkarya, saling membantu dan berkreasi.

Salam N Happy Blogging

16 comments:

  1. thanks infonya gan..
    kunjungi blog ku yah antok-cyber.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. terimakasih gan sudah berbagi, ane sangat terbantu.

    ReplyDelete
  3. thank untuk langkah -langkahnya...

    visit to my blog : new-word20.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Mantaps...gan, mampir juga diblog ane http://dennydnx.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. gan apa artikel harus sepanjang ini juga agar dapat halaman 1? wah susah ya kl gitu (bikin artikel kan ga mudah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga perlu panjang gan, seperlunya saja, yang penting isi artikelya nyambung sama judul

      Delete
  6. susah juga ya gan membangun backlink... website ane kalah dari blog" baru ahahax... baca artikel ini jadi mikir 2x buat pake jasa backlink... kunjungi + tebar backlink nih www.kazoustore.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya kunjungi web nya agan, saya lihat H1 tag nya tidak ada? akan lebih baik jika H1 tag nya "Jual blazer korea | kaos anime"

      h1 ada di bagian header

      Delete
  7. Artikel blog saya masih 10, semuanya original alias hasil percobaan sendiri...umur blog kurang lebih 2 bulan...beberapa artikel sudah masuk halaman 1, intinya sabar, terus berusaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob, sabar aja, apalagi karya original, halaman pertama itu hanyalah masalah waktu

      Delete
  8. On EasyHits4U you can earn free advertising credits by visiting other ads from a account base of over 1,200,000 accounts. Earn credits fast with a 1:1 exchange ratio.

    ReplyDelete
  9. Submit your website or blog now for appearing in Google and over 300 other search engines!

    Over 200,000 sites indexed!

    Submit NOW with I Need Hits!!!

    ReplyDelete

Silahkan bertanya dan berkomentarlah sesuai topik

(SPAM) & (ACTIVE LINK) will be deleted,
if can don't use anonymous as it will considered as spam