Wednesday, March 20, 2013

Tips cara bermain MMORPG

Bermain game online khususnya MMO sangatlah membuang waktu jika kita sudah kecanduan layaknya narkoba, beberapa kasus juga sudah membuktikan bahwa orang yang bermain non stop bisa berdampak kematian.
MMO players
Apakah anda masih ingat seorang player asal taiwan berumur 18 tahun bernama chuang yang dikabarkan meninggal setelah bermain Diablo 3 selama 40 jam di cafe, Lee setelah bermain Starcraft selama 50 jam tewas setelah sampai di rumah karena dehidrasi, kelelahan, dan serangan jantung, dan seorang bocah di cina yang lompat bunuh diri sempat meninggalkan surat karena ingin bertemu teman-teman onlinenya di alam baka.

Oleh sebab itu saya memberikan tips cara bermain MMORPG yang baik dan benar (semoga gamer Indonesia tidak terkena musibah seperti diatas), walaupun ini sulit di ikutin karena saya paham betul dan udah mengalami kalau sudah rame-ramenya bermain, bawaannya pasti1 level lagi, 1 quest lagi, ah entar mau kill 2-3 mobs dulu siapa tau dapat drop langka (akhirnya keterusan). Syukurnya saat ini saya sudah tobat dari jaman kegelapan tersebut.

OK!! Berikut adalah Tips dan cara bermain MMO yang perlu diperhatikan

1. Tentukan tujuan anda bermain MMO
Tujuan setiap orang di MMO itu bermacam-macam, ada yang ingin terkenal, jadi yang terkuat, mau pamer, hanya ingin mencari teman, nyari musuh buat uji skill, nyari jodoh, ngikut-ngikut trend games saat ini, ngikut teman sekitar, hanya sekedar chatting, sekedar ngisi waktu luang, mau ngetes doank, mau jadi penjahat/pembunuh karena di dunia nyata ga kesampaian :D , nyari duit dengan jualan cheat atau char, dsb
Tipe player MMO

Biasanya tujuan yang ingin menjadi terkuat adalah yang paling menyita waktu dan sia-sia jika anda tidak bermodalkan uang (hanya ngandalin waktu, guide, cheat) urungkan saja niat tersebut karena ego semua pemain sama dengan anda jadi hal itu tidaklah mudah walaupun bermain bertahun-tahun. Kalau hanya sekedar mau terkenal tidaklah sulit dilakukan jika anda hanya bermodalkan chatting.

2. Pahami Games yang ingin dimainkan
Setelah mengetahui tujuan anda, sekarang perkirakan waktu yang diperlukan untuk hal tersebut di dalam game yang dipilih, memilih game harus sesuai dengan tujuan anda jika anda menyukai PvP maka jangan pilih MMO berjenis casual / sosial dengan sistem pvp terbatas, sebaliknya jika anda mau mencari teman sebanyak-banyaknya jangan pilih faction MMO dengan setting perang antar bangsa.

3. Baca sistem games
Setiap MMO pasti ada quick guidenya, basic tips sering ditemukan di situs atau dalam game itu sendiri, untuk menikmati MMORPG anda harus paham betul tata cara membangun character yang dimainkan dan sistem-sistem lainnya, jangan lupa untuk memahami orang-orang sekitar juga ya apakah banyak bocahnya atau orang-orang kelas atas, karena orang-orang dalam game itu sangat menentukan kenyamanan anda dalam bermain.

4. Jangan gunakan bot, cheat, scamming / menipu orang
Wahai kamu-kaum cheater ama botters sadarlah. Ini adalah tindakan mayoritas gamer bangsa kita lakuin dalam setiap MMO baik game lokal atau luar, saya tidak bermaksud menghalangi anda dalam berbagai cara untuk mendapatkan sesuatu, tapi ini akan berdampak buruk bagi anda dan orang se isi server, bermain MMORPG tidaklah memerlukan cheat dan bots, kenapa harus dilakukan? apakah anda ingin semur hidup bermain game itu? apakah anda suka membuang waktu dengan hal yang diulang-ulang?  salah satu negara yang memiliki players terbanyak untuk ngecheat bermain MMO sebagian dari Chinese, Brazil, Indonesia (tuh sangat malu-maluin kan) walaupun hanya beberapa orang dari negara tertentu ngecheat, tetap saja pandangan orang adalah asal negara yang kena dampaknya, di kategorikan sebagai brazillian players /guild ato chinese players.
bots adalah hasil dari tujuan untuk menjadi terkuat atau ingin menjual charnya. Saya tidak menyarankan bagi anda yang menghargai waktu.
pake 2 laptop buat pasang 2 bot sekaligus biar tambah maknyoss

bot dan cheat adalah alat yang digunakan publisher MMO untuk mempertahankan playernya, jadi  jangan heran sebagian publisher adalah penjual cheat itu sendiri dan mereka tidak menghalangi cheater dengan tindakan serius, masih mau diperbudak mereka? pasang bot siang malam bertahun-tahun apa hasilnya? toh tidak hanya sobat sendiri yang lakuin itu, ratusan players juga sama jadi impas gak kemana-mana.
Untuk farming dan gold saya menyarankan selalu berpikir kedepan, teruslah kumpulkan gold jika anda sudah mampu hunt secara baik, max lv adalah tujuan anda, walau hanya farming 1-2 jam per hari, MMO akan terus update dan item baru akan muncul, nah sasaran anda adalah mendapatkan item terbaik, terupgrade, atau terbaru tersebut untuk endgame, jika gold yang dikumpulkan secara berbulan-bulan tersebut habis hanya untuk hal sepele, atau item yang tidak jauh beda dengan sebelumnya, sangatlah tidak efektif dan tidak ada peningkatan untuk gameplay anda.

5. Proses lebih penting dari endgame
Itulah MMORPG menurut saya, akhir game itu tidaklah penting, sedangkan proses bermain anda sejak level 1 adalah hal yang tidak bisa diulang (pengalaman anda masih newbie) itu sangat lebih berarti, jika anda lebih menghargai proses maka anda tidak perlu khawatir terjebak dan membuang waktu, jadi jika anda sudah mencapai akhir game sebaiknya kurangi waktu anda bermain game tersebut. Karena MMORPG dipastikan tidak akan pernah berakhir walaupun lv udah max, kecuali server/gamenya di close oleh publishernya.

6. Makan tidur semestinya
Tidak perlu race dengan teman anda, cepat atau lambat anda juga bisa seperti dia bahkan lebih baik jika anda lebih memahami sistem game dari awal. Perhatikan pola makan dan tidur anda, jika anda sakit atau main game di saat kondisi kurang tidur itu tidak ada enaknya, dibanding jika kondisi fresh nah pikiran kan jernih tuh. Saya harap bagi anda yang berada/kerja di warnet game juga tidak melupakan dunia luar.
player main di toilet
oke sob ane udah diposisi aman, sampai dimana tadi huntnya?

7. Apakah anda solo player atau team
Solo players biasanya orang yang suka melakukan sesuatu sendiri tampa campur tangan orang lain, di ajak team sering ditolak, di ajak gabung group gak berminat (ih sombong ya?) sebenarnya bukan karena dia sombong biasanya orang tipe seperti ini tujuannya hanya ngetes game doank dan tidak ingin berinteraksi terlalu jauh dengan player lain karena takutnya jadi keterusan mempengaruhi gameplaynya menjadi ngikut-ngikut teman. Cara bermain MMORPG satu ini sangat memerlukan keahlian dan skill juga memakan waktu yang lebih banyak.
sebaliknya players team adalah orang yang ingin melakukan segala hal dengan rame-rame, baru log in sekian detik udah ngajak orang gabung team, atau nyari team pokoknya no alone banget (loh ini kan online game, masa main sendirian aje, ane gak mau forever alone di dunia nyata & dunia online gitu....huehehe) betul sekali, namun ada kelemahan dari players ini yaitu dia menjadi depending sekali sama orang sekitarnya, jika teman-temannya udah gak main lagi dia pasti juga malas, karena ngikut-ngikut, kelebihanya ya anda punya banyak teman dan lebih mudah jalanin quest.

8. Hindari perjalanan cinta dengan orang tidak dikenal
Character MMO memang cakep n cantik-cantik (buat para fixel lover) tapi harap jangan tergoda dengan penampilan dalam game saja jika mau menjalin hubungan, kalau sama istri atau pacarnya sih tidak masalah, namun buat single dan forever aloner sebaiknya jangan tanggung-tanggung, pilih yang realnya (di dunia nyata) cantik atau kaya raya biar ga rugi, sekalian bisa minta uang kalau bokek :D
Sebagai info saja bahwa 90% female char itu adalah laki lo, bukan hanya MMO lokal tapi luar juga banyak hodenya :)) , tapi ada juga yang cwe pake male char alasannya biar ga banyak godain buat kenalan.
hode mmo luar
elektra said : hi cayank, gimana kabarnya??? besok tunggu ane on ya?? *emmuach*

Sekian tips dan cara bermain MMORPG yang baik sebagian dari pengalaman ini, semoga dapat mencerahkan para gamer yang sedang happy-happynya bermain.

Salam Gamer

6 comments:

  1. yang terpenting adalah makan dan tidur secukupnya. coz dulu ada orang china klo nggk salah, hobi banget ngegame sampai 2 hari 2 malam gilaa.... akhirnya tewas iks.. serem...

    salam dari pastipinter ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha betul sob, itu namanya si chuang, tewas di tempat orangnya, waktu main di cafe game

      Delete
  2. ROBLOX is driven by a growing community of over 300,000 creators who produce an infinite variety of highly immersive experiences.

    These experiences range from 3D games and contests, to interactive adventures where friends can take on new personas imagining what it's like to be a dinosaur, a miner working a mine or an astronaut on a space exploration.

    ReplyDelete

Silahkan bertanya dan berkomentarlah sesuai topik

(SPAM) & (ACTIVE LINK) will be deleted,
if can don't use anonymous as it will considered as spam