Tuesday, January 15, 2013

Tips Bermain Game RPG

ff6 cecil
Role Playing Games adalah (game tipe kesukaan saya), dimana kita memainkan sebuah tokoh utama fiksi dalam sebuah cerita dan kita dapat bebas kembali ketempat yang telah kita jelajahi, dalam keadaan tertentu kita bebas memilih nasib dari tokoh utama tersebut, jadi bukan seperti game action berdasarkan stage (Contra, Golden Axe, Sonic ato mario 2D), tapi jangan salah Sonic atau Mario juga ada versi Role Playing Gamenya, RPG banyak jenisnya ada RPG action, simulation, tactic, battle command, dll. Jadi jangan heran sampai Harvest Moon juga disebut Role Playing Game.

Beberapa orang mungkin malas untuk memulai permainan ini dan lebih memilih game simpel, karena terkesan membuang waktu (sebenarnya rata-rata RPG bisa diselesaikan dalam 20-40 jam), atau mereka ga bisa bahasa inggris jadi sering tersesat ga tau lagi mesti kemana. Untuk itu bagi yang kesulitan saya uraikan basic tips untuk bermain semua games Role Playing Games, langsung saja

1. Baca atau Jangan skip alur cerita (nekan X pake turbo saat alur cerita.)
2. Jika masih ga tau kemana, cari orang yang terakhir bicara denganmu atau tanya ke ally dan orang sekitar
3. Gunakan kesempatan untuk leveling sebelum terperangkap jalan cerita yang sulit / save file baru.
4. Jelajahi rumah orang atau kota-kota, ambil semua item yang ada, Games tertentu seperti Legend of Dragon mempunyai Stardust system sehingga mengharuskan kita teliti ke setiap sudut, tapi kalau RPG tersebut memang tidak diperbolehkan mencuri (seperti Final fantasy 12 terdapat peti yang tidak boleh dibuka) jangan dilakukan
4. Jangan gunakan guide atau faq (warning spoiler) bagi anda berkeinginan untuk menikmati kejutan tentunya ga mau mengetahui jalan cerita duluan, bermain lah secara murni dijamin pasti bakal lebih puas, kalau udah tamat dan mengulang untuk berbagai rahasia, baru silahkan pakai guide jika perlu (itu sih menurut saya, jika anda maunya pakai guide ya tidak apa-apa).
5. JANGAN PAKAI GAMESHARK , oke ini serius, anda akan kehilangan 70% keasikan tantangan game tersebut, sepanjang game yang terasa hanyalah kebosanan.
6. Pahami cerita (kalau untuk yang ingin lebih menghayati)
7. Jangan terburu-buru ke main story, manfaatkan side quest dan mini games jika ada (enjoy aja).
8. Pecahkan taktik atau puzzle sendiri jangan dibantu kakak atau adek (biasanya Wild Arms banyak puzzlenya) kalau berhasil, kepuasan tersendiri (solve it like a boss).
RPG world


berikut ini beberapa game Role Playing Games yang memilki kategori tertentu menurut saya:
  • Kategori game RPG tersulit dari segi battle (Romancing Saga series)
  • Kategori game RPG penuh puzzle (Wild Arms series)
  • Memiliki cerita terlucu (Arc The lad series, Suikoden 2 thx to victor)
  • Penuh animasi baik battle atau cerita (Final Fantasy, Legend of Dragon)
  • Cerita terbaik (Dragon Quest VIII, Xenogear, FF VII)
  • Rame di replay ( Saga Frontier 2, Suikoden 2, Harvest Moon)
  • Memiliki best music (Chrono Cross, Final Fantasy series, Valkyrie Profil)
  • Best Monster breeding (Digimon World, Monster Rancher, Pokemon)
  • Kategori Favorit saya (Suikoden series, Valkyrie Profil, Saga Frontier 2, Final fantasy, breath of fire, Tales series, Digimon series, Chrono series, Dragon quest 8)

lah kok banyak PS one ? memang PS one adalah gudang RPG dan akar dari hampir semua game kelanjutan jenis ini ada di PS 2, jadi yang terbaik bukan berarti di seri berikutnya. Demikian Tips bermain game RPG yang baik dan benar, mungkin masih banyak games seharusnya masuk daftar, tapi itulah sekilas saya ingat. Silahkan jika anda ingin menambahkan atau bertanya :)

No comments:

Post a Comment

Silahkan bertanya dan berkomentarlah sesuai topik

(SPAM) & (ACTIVE LINK) will be deleted,
if can don't use anonymous as it will considered as spam