Friday, February 22, 2013

Cara memilih Meta tag title terbaik

Hallo para bloggers, kali ini saya tertarik untuk membahas topik tentang makna dan arti dari title tags pada blog.
Titletag
Apakah anda termasuk suka dalam hal pengoptimasian? jika ya lanjut, seperti diketahui, banyak sumber membicarakan tentang cara memasang meta tag title yang seo friendly untuk blog, namun kembali kepada anda untuk memutuskan mana yg dipilih, pertanyaannya  "apakah title tags tersebut cocok untuk konten blog kita?"  mana title tag yang lebih baik?

Jawabannya tergantung, tidak ada title tags terbaik untuk semua blog, tetapi masih ada yang tercocok untuk blog kita.

langsung saja, ada dua jenis title tags yang kebanyakan digunakan

Pertama (Judul post | Judul Blog)

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> |
<data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>

 </b:if>

Yang biru adalah judul blog anda, yg dimana di setiap hasil pencarian google akan menyertakan judul blog di kalimat terakhir, 
  • Kelebihannya jika blog anda fokus pada topik tertentu, misal trik SEO maka anda wajib menggunakan jenis title tags di atas, contoh (trik seo untuk blogger pemula | Trik seo ) hasilnya akan memperkuat keyword anda sebanyak 2x lipat untuk persaingan serp, karena judul homepage memberikan kapasitas keyword cukup besar.
  • Kelemahannya untuk blog yang memiliki konten berbagai jenis, seperti music, artis dan bisnis, maka akan sulit untuk optimasi title tag judul. Contoh judul "Music blog" menulis artikel (bisnis rumahan menggiurkan | music blog), padahal anda sudah mengoptimasikan keyword pada artikel musik, ini akan menyebabkan pengaruh pada hasil pencarian google sehingga tidak optimal pada artikel selain musik, bukan itu saja pengunjung juga ragu untuk meng klik di hasil pencarian karena bingung dengan adanya kalimat "music blog" (kecuali blog dengan nama anda sendiri / personal blog, seperti "Ahmad Blog")

Untuk itu ada tipe ke dua (Hanya Judul Post)

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<title><data:blog.pageName/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>

</b:if>

Title tags kedua ini sangat cocok untuk blog dengan berbagai macam jenis artikel / campuran, jika anda ingin mengoptimalkan setiap postingan secara merata, apakah itu topik bisnis maupun topik hiburan, sehingga akan muncul seperti ini ("bisnis rumahan menggiurkan") tanpa disertai judul title tag.
Kelemahannya, artikel yang anda fokuskan akan sulit bersaing tanpa dukungan keyword dari title homepage, dan juga pengunjung tidak familiar atau mengingat nama blog anda di hasil pencarian.

Tambahan Jenis (homepage)

<title><data:blog.pageTitle/></title>

Bawaan blogger, tidak ada yang spesial kecuali jika anda memang menginginkan optimasi besar besaran pada homepage dan tidak memperdulikan halaman artikel yang lain, sangat mendominasi dan terfokus pada judul blog anda, intinya tidak baik untuk blog yang memiliki banyak artikel, hanya cocok untuk blog dengan 1-2 artikel untuk memasarkan banner / bisnis..(seperti awal mula blog saya satu ini)

Tambahan Jenis (Tipe Keyword)

<title><data:blog.pageTitle/> | keyword 1 | keyword 2 | keyword 3 | keyword 4 </title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>


Kelebihannya adalah anda bisa mengatur 1 atau 2 keyword mana yang di optimalkan, namun membuat keyword terlalu panjang disamping judul tidaklah baik pada penilaian serp, tidak banyak yang menggunakan title tags satu ini karena sifatnya tidak fleksibel dibandingkan title tags yang terfokus dengan judul halaman atau judul post, google sekarang juga tidak memperdulikan lagi mengenai keyword yang berlebih terhadap title tags, karena mengurangi tingkat relevansi pada hasil Search engine visitor.

Begitulah tipe title tags, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, anda bisa memilih meta tag title mana yang lebih cocok dengan optimasi blog anda atau hanya untuk sesuai selera juga boleh karena yang terbaik adalah yang sesuai di hati cieee...

alright Happy blogging

2 comments:

  1. Bagaimana kalau kita memakai plugin generate title apakah akan berpengaruh juga terhad indeks google mas ? terkadang hanya dengan mengandalkan kata kunci 1 saja tidak terlalu banyak visitor yang datang

    ReplyDelete
    Replies
    1. title tidak akan berpengaruh pada indesk google, mungkin maksudnya serp
      plugin generate title sangat terbatas mas, lebih baik manual saja untuk memutuskan title blog dan title artikelnya

      1 kata kunci yg dimana mas? pada title tag? judul artikel? atau pada isi artikel?
      jika memang blognya punya satu kata kunci berarti visitornya sangat tertarget untuk fokus topik tersebut.

      Delete

Silahkan bertanya dan berkomentarlah sesuai topik

(SPAM) & (ACTIVE LINK) will be deleted,
if can don't use anonymous as it will considered as spam