Wednesday, February 20, 2013

Cara membangun backlink seo friendly

Backlink
Seperti judul di atas, topik ini berisi tentang cara membangun backlink atau inbound link secara seo friendly, bukan hanya meta tag atau blog yang harus seo, tapi backlink juga perlu. Banyak sekali yang membahas topik ini namun sudah tidak terupdate, mulai dari cara mendapatkannya sampai penjelasannya, untuk itulah informasi kali ini sebagai pencerahan dan membantu blogger baru dalam membangun backlink yang benar.

Sejak awal tahun 2012 google sudah melakukan perubahan terhadap sistem alghoritmanya, yang dimana mereka menambahkan beberapa faktor dalam penentuan SERP, dari Panda, Penguin sampai author rank, namun apakah anda tahu, bahwa yang berubah bukan hanya itu saja, namun peraturan backlink juga berubah. Backlink berkaitan erat dengan Page Rank maka cara-cara untuk meningkatkan backlink secara tidak langsung sama halnya dengan membangun page rank anda kedepannya.

Sebelum itu
Apakah anda termasuk pemburu backlink sampai saat ini?
Apakah anda masih membuat blog dummy? 
atau lebih parahnya Membeli backlink?"

Sebaiknya anda tinggalkan saja hal tersebut, dan lebih berpikir untuk membangun jaringan sosial networking dengan konten anda ke sesama blogger. Simak dulu pernyataan google di bawah ini

Fakta berdasarkan sumber dari google
  • Penentuan rangking hasil penelusuran google sebagian berdasarkan jumlah backlink, kualitas link, dan relevansi link.
  • Setiap link (yang tidak berkualitas dan relevan terhadap konten) akan dianggap sebagai manipulasi terhadap ranking website.
  • Manipulasi link tersebut akan mempengaruhi kualitas hasil dari mesin pencarian dan akan dianggap sebagai pelanggaran peraturan atau disebut skema link.
Pertantanyaan kenapa harus relevan?
Relevan = sejenis = berhubungan, Inbound link bisa disebut juga sebagai perekomendasian terhadap situs yang dituju, Jika situs game anda PR 0 mendapat backlink dari situs game lain dengan PR 7, bukankah itu hebat? (artinya PR7 merekomendasikan situs anda sebagai referensi) otomatis optimasi keyword anda akan lebih kuat dengan dukungan situs-situs tersebut, Namun jika situs game anda mendapat backlink dari situs pornografi, music, trik seo, dsb yang tidak ada hubungannya, hasilnya bukan hanya tidak memberikan dampak baik, tetapi jika berlebihan maka google akan memandang situs anda hanya sekedar ingin memanipulasi serp dengan mendapatkan berbagai jenis keyword, yang dikhawatirkan akan menyalahkan tujuan pengunjung pada mesin pencarian. 

Dampak dari membangun backlink / inbound Link tidak natural (melanggar aturan)
Besarnya jumlah backlink yang tidak relevan dan link spam malah akan menyakiti blog anda,
1. Kena google penalty (sandbox)
2. Menurunnya kepercayaan google terhadap author
3. Susahnya artikel terindesk 
4. Menurunnya page rank
5. Sulit mempertahankan posisi serp dan kalah dengan blog baru.
6. Ditolaknya pengajuan adsense oleh google
7. Blog dan adsense bisa di banned

Berikut adalah hal yang tidak diperbolehkan dalam mendapatkan backlink, sumber Peraturan dari google telah diupdate pada 10/16/2012 Webmaster guideline, Hal yang bisa berakibat negatif pada site
  1. Membeli dan Menjual backlink untuk mendapatkan Pagerank, segala aktivitas pertukaran yang melibatkan uang atau jasa dari pihak lain, (membeli saja tidak boleh apalagi auto link gratisan.)
  2. Pertukaran link yang terencana, (link saya dan saya balik melink) hal rutin sering dilakukan para blogger dengan memasang kode link me / backlink, sebenarnya bagus saja, namun tidak natural, ini tidaklah diperlukan dan berakibat buruk jika konten tidak sama dan pagerank yang dituju rendah.
  3. Mendapatkan link dari web spammy dan tidak memiliki keterkaitan konten, misal web yang menawarkan backlink gratis dengan PR tinggi. Hati-hati pagerank tinggi bukan berarti link berkualitas untuk blog anda.
  4. Membangun blog dummy semata-mata untuk mendapatkan cross link
  5. Menggunakan program / website / bot / tool /engine untuk mendapatkan backlink secara otomatis.
loh kalau begitu gimana cara mendapatkan backlinknya? makin susah dunk?
Seperti google bilang, janganlah terlalu memikirkan untuk mendapatkan jumlah backlink, link diperhitungkan akan bermanfaat setelah google melihat relevansi dan kualitas backlink tersebut, (quality is better than quantity), 1 relevan link bisa saja mengalahkan 100 unrelated link. Tapi jangan khawatir backlink dari beberapa situs sosial media masih bagus untuk digunakan seperti ask.com / stumbleupon, site-site .edu .gov dll.

Tips Membangun
Membuat artikel berkualitas dapat membuahkan hasil secara keseluruhan untuk page rank, sekaligus kredibilitas anda di hadapan pengunjung, itulah membangun backlink secara seo friendly bukan anda yang mencari link tapi konten anda yang bekerja secara sendirinya sehingga pembaca akan membuat link di website mereka / situs sosial lain sebagai referensi ke site anda. Oleh sebab itu dapat disimpulkan cara membangun backlink yang baik yaitu
  1. Fokus dan terus membuat konten atau artikel yang original dan berguna, dengan selalu update juga akan meningkatkan PR anda, walaupun tanpa banyak backlink, (artikel tidak mesti terlalu berkualitas) sehingga pantas untuk di share, yang penting hasil dari karya sendiri, sehingga memberikan kesan baik pada google dan pengunjung blog anda.
  2. Berkunjunglah, berkomentar dan dapatkan backlink dari blog senior dengan topik yang sama dengan anda..
  3. Join sosial media dan forum, biasanya akan membahas suatu permasalahan dan anda bisa memberikan link ke artikel anda sebagai penyelesaian untuk topik tersebut.
  4. Update :  Untuk mengetahui Konten blog lain yang sejenis, tentukan topik paling mayoritas dibahas author pada website tersebut (tapi biasanya kalau sesama blog gado-gado, ga masalah). Jika ingin mengetahui jenis utama konten anda persisnya, maka cek keyword di webmaster - Optimization page - content keyword - no 1-3 paling signifikan, atau bisa kunjungi http://www.statscrop.com/www/Nama Blog anda#similar-websites  yang merah ganti misal xyz.blogspot,com. disana hanya untuk mengetahui tipe/jenis blog anda, jadi bukan sarana pencari backlink karena yang ditampilkan hanya sedikit, tapi jika ada site sejenis ber rank tinggi, langsung aja kunjungi. Ty to Pasti Pinter on comment
  5. Update : Pemasangan Inbound link akan memberikan pengaruh besar jika mengarah ke Homepage (khusus untuk blog terfokus/ tipe H1 homepage, seperti pembahasan jenis meta tag artikel saya sebelumnya) karena google memprioritaskan halaman utama website untuk crawling hariannya, (tapi untuk blog yang gado-gado dengan 4-10 lebih kategori, anda mungkin memerlukan penanaman inbound link relevan pada tiap posting artikel yang anda ingin optimasikan untuk SERP (karena tidak terfokus), tapi perlu di ingat bahwa jumlah backlink pada tiap halaman post (deep-link) tidak akan bisa melebihi backlink homepage (in-link) jadi mau tidak mau anda perlu membangun jumlah backlink homepage sebelum menanam backlink pada tiap posting. Ty to Pasti Pinter on comment
  6. Anchor text pada blog lain bukan saja memberikan kita backlink, namun akan meningkatkan serp kita lebih besar ketimbang link dari komentar, karena dinilai lebih berisi jika berada langsung di halaman posting author, (seperti saya bilang jika artikel anda berkualitas dan menjadi referensi site lain yang mengarah ke website anda dalam postingannya / forum) dalam bentuk kalimat seperti             "Tips Jungkir balik" <--- berisi link yang menuju ke blog anda (Inilah dimaksud Konten bekerja sacara sendirinya)
  7. Bagi yang ingin mendapatkan backlink dengan berkomentar sesuai keyword bisa dicari di google search dengan format :  Tips "leave comment"   <--- untuk blog atau   Tips "leave comment" site:edu   <-- edu bisa diubah ke gov  (yang merah ganti sesuai keyword yang anda inginkan, dan "leave comment" bisa diubah menjadi "komentar" untuk blog berbahasa indonesia, tapi saya agak malas juga menggunakan cara ini, kebanyakan hasil yang keluar kemungkinan site udah menjadi no-follow)
  8. Terakhir selalu ingat backlink adalah jalan singkat untuk meningkatkan pagerank, jika anda tetap fokus membuat artikel sesuai meta keyword blog anda, maka otomatis pagerank blog akan meningkat seiring waktu dan mendominasi keyword tersebut di hasil serp.
  9. Sekali lagi usahakan membangun backlink secara bertahap, membeli 300 sekaligus bukan ide yang baik 

seolink
linknotseo


Permasalahan
ah mana mungkin sih ada yang berbaik hati me link atau menshare blog kita dari web mereka, paling mereka langsung copas?
Inilah budaya yang membuat kita malas untuk berkreasi, setelah susah payah membuat artikel bagus malah di copy dengan kemiripan 80%-100%, sudah sukur jika berbaik hati menampilkan sumber, jika memang mereka tujuannya mengupdate dari awal sih tidak apa-apa atau melakukan perubahan sebanyak 70%.

Untuk itulah bagusnya anda perlu menggunakan gaya bahasa dan menulis sesuai karakter anda sendiri (jangan terlalu umum) sehingga menyulitkan untuk di copy, jika mereka bersikeras maka google akan lebih mudah untuk melacak duplikasi konten terhadap blog mereka.

Permasalahan kedua
Masa sih dapat pengunjung dan komentar banyak dengan modal konten, Backlink banyak = PageRank tinggi, kan menjadi magnet para blogger lain = Traffic = pengunjung?
Sebenarnya kembali lagi dengan tujuan anda blogging untuk apa, hal ini tidak akan berlaku bagi blogger mental baja yang tujuannya sekedar berbagi atau menulis kreasinya, sampai tidak memperdulikan apakah ada orang atau tidak.. Untuk itu Google sudah menyediakan sosial media berupa Google+ agar memudahkan berbagi dan menganjurkan kita untuk memanfaatkannya, seiring meningkatnya dampak positif yang diberikan google+ mau tidak mau semua author web diharuskan untuk menggunakannya.

Sekian informasinya megenai cara Membangun backlink yang berkualitas secara seo, happy blogging

38 comments:

  1. kalau blog gado2 gimana mas??? kan repot dengan niche campuran didalamnya... backlinknya juga ngawur atau dipaskan dengan posting.

    backlink yang bagus itu yang ke url homepage atau single page mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya istilah konten gado-gado berasal dari berbagai jenis konten suatu blog secara sekilas, tapi penilaian jenis konten suatu blog tetap terdapat pada main keyword yang sering digunakan (coba cek konten keyword anda di webmaster tool, pilih optimization) misal untuk blog ini mayoritas keywordnya adalah tentang PTC, atau coba cek http://www.statscrop.com/www/url blog anda#similar-websites, untuk mengetahui jenis web yang se niche dengan blognya

      untuk pemasangan backlink tergantung jenis blognya, jika tipe fokus pada 1 topik bagusnya ke homepage, jika konten campuran maka perlu juga untuk ke tiap postingan (biar lebih kuat untuk serp)

      thx buat masukannya mas, ada perubahan dan sudah di update

      Delete
  2. Replies
    1. sama-sama sob, tapi namanya kok jadi wanita sexy ya.. hehe

      Delete
  3. anda tau nggk yang istilah powerbacklink dan contoh2???
    apa efek backlink dari domain contohnya .edu dll?
    apa efek dari wiki backlink?

    segitu dolo deh entar klo ada yang lain saya tanyakan.. tsnya kan baik heheh. klo bisa tuh di post pasti pinternya achortext dan ngelink ke blog saya hhahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..kayaknya saya perlu bikin thread baru nih haha
      singkatnya aja deh
      powerbacklink istilah dari peningkat backlink yang sering digunakan penjual link (baik dari engine / tool / auto link builder, dll demi pertukaran backlink)
      efek domain edu, gov, bagaikan raja dari semua jenis link, sangat dicari-cari tapi sulit di dapat, ada yang memperjual belikannya sama kayak link wiki, ini menyebabkan menurunnya kualitas link tersebut ke blog kita, saya tidak tahu seberapa besar pengaruhnya saat ini tapi semakin banyak yang memanipulasi semakin tidak berharga bagi google. lebih baik kita cari link secara natural aja, karena backlink/PR kan hanya salah satu faktor penentu serp.

      hehe..anchornya mengarah ke komentar aja ya

      Delete
  4. pertanyaan terakhir hehehe.
    backlink or content?
    mana yang lebih dimata SE sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya tergantung Content sob
      lebih lanjut kunjungi topik mengenai konten

      Delete
  5. Masih perlu banyak belajar, thank infonya.
    mampir di blog saya yang msh semrawut
    http//peluangusahadidesaalfi.blogspot.co
    http//anugerahprinting.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. sob klo menggunakan paid preview, gimana tuh sob efeknya???mohon pencerahannya. thanks

    ReplyDelete
  7. Mas ... 1 web itu idealnya berisi berapa artikel? kalo harus diisi artikel baru terus, sampai kapan maksimalnya? sampae bingung cari keyword apalagi yang sesuai....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung webnya mba, kalau jenisnya berisi informasi kan memang harus update terus, kalau jenis web jualan bisa seperlunya saja, tidak ada batasan atau patokan idealnya tapi menurut saya yang penting adalah quality ketimbang quantity, 1 bulan bikin 1 atau 2 artikel berkualitas kan lebih bagus.

      Delete
  8. Ternyata susah juga.. Saya coba step by step biar gak pusing.. Makasih Gan! ^_^

    ReplyDelete
  9. Benar - benar sangat bermanfaat ulasannya gan, semoga blog nya semakin maju, terimakasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  10. kalo backlink untuk toko online gimana gan? mohon bimbingannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sesuai kata kunci produknya gan, atau berkunjung ke toko online yg sejenis

      tapi kalau untuk jual/beli lebih tergantung pada promosi ya gan, jadi pastikan join di forum-forum jual beli (kaskus) atau jaringan sosial kayak FB / google+

      Delete
  11. Askum Master,
    Mantab..trims infonya..
    lebih logika n Natural
    please cek http://pospaykundur.blogspot.com (new banget = mohon saran dari Master)

    ReplyDelete
  12. Wihh... si akang admin sampai se-detil ini ngejelasin soal backlink..
    Salut :)

    ReplyDelete
  13. itu ku mau tanya soal kopas mas, ku juga sangat benci ama yang namanya kopas. kita berkreasi susah susah malah orang laini main copas aja seenaknya, yang saya mo tanyakan apakah apabila artikel kita di copas ama orang lain 70-100 % bisa membahayakan blog kita. suaradetik.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak akan membahayakan gan kalau memang google lebih dulu ngeindex artikel dari author original, malah kita bisa untung dapat backlik dari blog mereka, jika kita menyelipkan hyperlink di dalam artikel.

      ruginya visitor kita terbagi-bagi di hasil serp karena banyaknya artikel sejenis (copas)

      Delete
    2. terimakasih mas.. artikal agan bagus" lho ^_^

      Delete
  14. memang orang jaman sekarang Backlink aja dijual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah, karena memang banyak juga peminatnya yang menginginkan jalan pintas untuk dapat backlink.

      Delete
  15. Terimakasih pencerahannya soal backlink mas...

    ReplyDelete
  16. Sebenarnya, dengan kita mengomentari Postingan orang lain dengan Name/Url, kita sudah bisa dapetin Backlink Gratis.

    ReplyDelete
  17. terima kasih untuk pencerahannya !!!

    ReplyDelete
  18. kalo copas dari office word gimana gan,soalnya q jarang apdate blog,jadi sebelomnya artikelnya kutulis dulu di mecrosoft office lalu ku copas di blog kalo ada waktu luang

    ReplyDelete
  19. Jadi tahu bagaimana tentang membangun backlink sekarang, artikel bagus, makasih mas

    ReplyDelete
  20. Yang paling penting itu berkomentar di blog yang punya niche sejenis aja ya gan..

    ReplyDelete
  21. terimakasih infonya sob sangat membantu tentang backlink...

    ReplyDelete
  22. wah.. mantab nih penjelasannnya kang.. sangat berguna bagi saya yang masih newbie.. sering bingung dengan banyaknya penjelasan mengenai backlink.. yang bener itu buat backlink berdasar anchor text atau nama domain ? mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
  23. Trims infonya, saya mau bertanya bagaimana jika ganti domain... apa backlink yang sudah terbangun terhapus?? bagai mana solusinya? trims

    ReplyDelete
  24. Tentunya backlink berkualitas terbentuk dengan baik jika kita juga berhasil membuat artikel yang berkualitas pula. Penigkatan inipun akan terus bertambah tentunya dengan intensitas menyebarkan backlink, misalkan dengan blog walking ini

    ReplyDelete
  25. Kalo Web asal basicnya Blog, apakah harus update, Mas,.. seperti Web saya kan toko online, bagaimana cara membentuk linknya,...

    ReplyDelete
  26. Baclink yang berkualitas di era pinuin terbaru kali ini di lihat dari apanya yah gan ?

    ReplyDelete

Silahkan bertanya dan berkomentarlah sesuai topik

(SPAM) & (ACTIVE LINK) will be deleted,
if can don't use anonymous as it will considered as spam