Friday, March 8, 2013

Konten versus Pagerank dan backlink

KontenIstheking
Akhirnya setelah beberapa kali membicarakan permasalahan konten dan backlink pada artikel sebelumnya, juga seiring adanya beberapa pertanyaan mana yang lebih diutamakan, saya putuskan untuk membuat penyelesaian masalah ini disini, dalam medan pertempuran antara Konten versus Pagerank dan Backlink, manakah yang terbaik (jadi ceritanya 1 lawan 2) in SEO showdown part 1.

Setelah melakukan beberapa tes dan analisis lebih lanjut, maka diperoleh beberapa kesimpulan yang diharapkan dapat memberikan gambaran bagi para blogger untuk mengambil jalan kedepannya, semua orang punya pendapatnya masing-masing jadi mungkin setiap orang akan berbeda-beda, berikut adalah menurut  versi saya

1. KONTEN
Konten adalah raja (content is the king) apakah anda mengetahui maksud kalimat tersebut? kita selalu membicarakan konten yang berkualitas, konten yang unik, namun tidak mengetahui apa dan seberapa besar kualitas yang dimaksud. Bagaimana versisnya konten raja tersebut? seberapa berkualitas dan unik kah itu?
secara kasarnya

  1. Tidak copas
  2. Masih belum banyak dibicarakan
  3. Minimnya topik tersebut dalam serp (cek di google search)
  4. Penulisan anda bawakan dengan baik (sesuai seo)
  5. Kualitas artikel > jumlah artikel, saya lebih memilih membuat artikel 5 hari sekali dengan hasil yang baik daripada 1 hari sekali namun terkesan terburu-buru. 
  6. Berguna (baik itu bikin pembaca senyum-senyum, ketawa, terharu, insaf, tambah ilmu)

Bagaimana konten yang bagus itu? konten akan dianggap memenuhi syarat jika memenuhi petunjuk webmaster, salah satunya adalah menulis untuk pengunjung bukan untuk search engine, kebanyakan dari kita dalam hal menulis mungkin terlalu spamming untuk keyword (berhamburan dimana-mana ditempat yang seharusnya tidak perlu) adapula yang hanya berisi langkah-langkah tanpa penjelasan lebih lanjut (misal tentang cara masang widget) isi yang sangat umum mudah sekali untuk di copy dan sering kali di nilai hasil copas, sedangkan jika kita melakukan penjelasan pada suatu topik menurut bahasa kita sendiri malah akan divonis "Menggurui" atau "sok genius" serba salah? memang, itulah dari hasil artian "menulis untuk manusia bukan untuk search engine"

Menurut saya, luapkan apa yang anda ingin tulis, jangan hiraukan pendapat orang karena blog ini adalah blog anda, tidak ada yang bisa mengatur cara-cara anda membawakan artikel di dalam blog anda sendiri, selama masih dibawah aturan webmaster, selagi info yang anda berikan sesuai fakta, pengalaman dan bermanfaat, betul?

Intinya konten menentukan pandangan nilai terhadap blog dari pengunjung sebanyak 80% sisanya adalah google (kenapa pengunjung? ingat tujuan google? tentu saja memberikan pengunjungnya kepuasan)

2. PR dan BACKLINK
Saya rasa sudah banyak mengetahui masalah backlink, jadi saya tidak perlu membicarakannya panjang lebar, silahkan kunjungi artikel mengenai backlink sebelumnya bagi yang ingin mengetahui. Backlink bisa diartikan juga sebagai suntikan sebagai penguat keyword pada blog.

tapi bagaimana jika konten kita sudah memiliki kualitas keyword kuat dan terfokus?
Apakah kita masih memerlukan backlink? sebaliknya apakah backlink berguna jika tidak ada / minimnya  konten pada suatu blog?

Menurut saya, backlink dan pagerank dapat digunakan sebagai alat persaingan untuk blogger yang malas membangun konten unik pada blognya, backlink / PR dapat dijadikan sarana ajang kontes untuk mendominasi serp, mereka yang hanya mengandalkan konten jiplakan atau kebanyakan ikut-ikutan jenis artikel sering muncul di serp (saya tidak mau sok suci juga, sebenarnya beberapa artikel blog ini pun ikut-ikutan, namun tidak jiplak ya, saya menulis mulai dari 0 pada semua topik, hehe) 
Karena pengalaman dan masalah orang hampir mirip jadi tidak ada salahnya anda tulis walaupun ada sebagian sudah membuatnya, asal benar-benar ada kebedaan, resiko DMCA tanggung sendiri, Secara singkatnya bisa dilihat sbb

1. Konten berkualitas = hampir tidak perlu backlink
2. Konten rata-rata/biasa = perlu backlink berkualitas
3. Konten Jiplakan/copas = perlu banyak backlink berkualitas, perlu PR tinggi, perlu optimasi seo , dll

semakin menjamur konten anda, semakin perlu optimasi

sebagai contoh pada artikel topik alexa di serp
1. Anda membuat "cara masang alexa" / "cara merampingkan alexa" <--- sudah banyak berhamburan yang dimana isinya hampir mirip (saya memikirkan blog saya pasti tidak akan muncul dengan mudah di halaman pertama jika membuat konten serupa) Dan utamanya tidak begitu berkualitas jika isinya tidak jauh beda.
caramasang alexa

2. Kemudian dibandingkan "sistem perangkingan alexa" / "cara perangkingan alexa" bisa di cek, saat ini hanya artikel saya yang muncul (tapi tidak tahu kedepannya mungkin sudah berhamburan dan di copy blog ber PR tinggi sehingga serp saya turun hehe) ini membuktikan artikel baru pun dengan mudahnya naik posisi puncak tanpa perlu backlink/PR, dengan topik yang baru di index.
sistem alexa

PR dan backlink adalah penilaian secara kasar untuk membantu google merangking blog/artikel yang mirip-mirip, 80% hasil penilaian ditangan google (anda tidak bisa mengontrol penuh perkembangan blog anda tanpa membuat konten <-- tuh lagi-lagi konten)

Perbandingan Konten dan backlink /pagerank
1. Konten akan membentuk rank website tidak terbatas dan jaringan sosial berkesinambungan secara sendirinya
       Backlink memiliki keterbatasan dan sangat tergantung dengan PR dan jenis situs yang dituju
2. Konten akan membuat nilai author lebih dimata google dan pengunjung
     Backlink tidak wajar tanpa disertai konten akan dicaci maki google , jika anda hanya bermodalkan backlink dengan hanya beberapa artikel bahkan bisa terkena sandbox.
3. Konten berkualitas selalu dengan mudah meraih posisi puncak
       Backlink belum tentu memberikan posisi puncak tanpa disertai konten bagus.
4. Konten berkualitas dapat memberikan pengunjung tetap dan follower.
     Backlink/ blog PR tinggi dengan konten amburadul/sama seperti tetangga sebelah akan di tinggalkan setelah pengunjung memberikan komentar (demi backlink)
5. Banyaknya Konten Bernilai dapat meningkatkan alexa traffic, artikel terkait dan menurunkan bouncing rate (bahkan dibookmark dan mendapatkan natural backlink, blognya juga disukai copasser)
      Banyaknya backlink / PR tinggi tanpa konten menarik belum tentu demikian.

Semuanya dimulai dan diakhiri oleh Konten, konten akan selalu menang, Konten akan selalu menentukan seberapa perlu tidaknya backlink untuk serp. Kontenlah yang menentukan sejak awal banyak tidaknya backlink sebuah site.

Jadi silahkan pilih waktu yang anda luangkan, apakah membuat konten atau mencari backlink, konten atau backlink, semua tetap menjadi pilihan anda. Jika anda punya banyak waktu dan bisa membuat keduanya saya beri selamat blog anda mungkin sudah sukses. Tidak seperti blog saya yang ala kadarnya asal jadi. :D

sekian topik mengenai Konten Versus Pagerank dan backlink by Klikzila PTC info, happy blogging

6 comments:

  1. kedua duanya saling membutuhkan
    antara konten dan backlink :)
    thx infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas
      tapi lebih hebat lagi kalau backlinknya membutuhkan konten kita mas

      Delete
  2. nice bloging Om.. :) jadi iri akunya.xixixixiixiiii

    ReplyDelete
  3. thnaks atas infonya yang bernanfaat.http://prediksiskorbola17.com/prediksi-werder-bremen-vs-schalke-04-24-september-2014/

    ReplyDelete
  4. thanks banget infonya gan. top dah.
    http://naufalfauzy.blogspot.com/2014/12/cara-ku-diterima-google-adsense.html

    ReplyDelete
  5. Mana yg lbih penting mas , pengunjung , backlink atau konten ???

    ReplyDelete

Silahkan bertanya dan berkomentarlah sesuai topik

(SPAM) & (ACTIVE LINK) will be deleted,
if can don't use anonymous as it will considered as spam