Friday, February 1, 2013

Rahasia cepatnya artikel ke index google

google index
Hallo jumpa lagi pada topik Tips blogging, bertemakan tips dan rahasia agar artikel cepat terindex google.
Sebenarnya ini bukan rahasia lagi buat sebagian yang sudah tahu, tapi ya mau share dulu lah pengalaman dengan blog baru dengan menulis artikel ini, saya penasaran juga dengan masalah SEO khususnya masalah cepat atau lambat keindexnya suatu artikel di google.

Banyak mengatakan karena blog baru maka susah ke index, atau karena back link, atau trafficnya dan page rank masih rendah, segala macam, dimana blog saya masih tidak mempunyai hal-hal tersebut (bisa dibilang masih sepi kayak kuburan).

Ternyata setelah diteliti hal di atas tidaklah menjadi acuan utama dalam hal cepatnya pengindexan google, blog baru yang sudah memiliki backlink atau tidak memiliki backlink memiliki kecepatan hampir sama untuk masa sekarang, dimana biasanya artikel ke index dalam waktu 1-2 hari (paling lambat). Saya tidak tahu apakah semua blog baru ditekan oleh google untuk menghindari spam, yang pasti blog baru tidak akan bisa menyamai kecepatan index hitungan menit dari blog yang sudah berumur atau punya pagerank, (andaikan artikel ke index dalam menitan, maka patut disukuri anda mempublish di saat laba-laba google sedang jalan-jalan ke blog anda) setelah mencoba dan melihat di blog ini sendiri, sehingga dapat disimpulkan point dasar terpenting agar semua blogger baru tidak bingung, tipsnya yaitu

1. Pertama daftarkan blog anda ke google webmaster tool
jika sudah terdaftar, pastikan add sitemap anda dengan menggunakan (tambahkan di kolom setelah alamat blog anda) atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
atau
sitemap.xml

dua-duanya juga boleh disubmit, bisa dilihat nanti siapa yang cepat ngeindex atom atau sitemap. Untuk lama submit / pending biasanya 1-2 hari sebelum google ngecrawl, setelah ke submit barulah google mulai ngeindex setiap post yang dibuat, (jika lama dan berhenti ngeindex misal 20 submitted/11 indexed, anda bisa pilih resubmit/delete kemudian submit lagi nanti jadi 20/20 di hari berikutnya)

(lainnya) Jika anda merasa google belum cukup daftarkan juga ke Yahoo + bing disini webmaster

2. Join google+ Social network, dan pilih berbagi ke google+ setiap habis ngeposting, alasannya google+ adalah situs google sendiri sehingga setiap artikel akan langsung kecrawl otomatis, apalagi kalau author rank anda udah tinggi dan banyak memberi +1 , komentar, bahkan di reshare artikelnya, (belum cukup? sebarkan aja ke facebook, twitter, social net lainnya). 

Crawl stat3. Membuat posting baru, mengedit blog, me reload blog, segala aktivitas yang anda dan visitor lakukan akan membuat google bot ngecrawl website anda, (Itulah fungsi traffic dan pengunjung). Jadi bukan hanya sekedar berdasarkan jumlah backlink. Bandingkan jumlah crawl stat anda di webmaster dengan statistik blog anda (seperti gambar disamping), semakin tinggi statistik pengunjung semakin sering google bot mengcrawl per harinya.
Rata-rata jumlah crawl 150 ke atas per hari tergolong tinggi dan mendapat kesempatan terindex lebih cepat (waktu itu saya ngedit-ngedit dan ngereload blog tau-taunya semua artikel ke index lebih cepat, ketimbang blognya didiamkan)

4. Pastikan page anda indexable, jika anda salah setting robot.text maka google bot akan mengacuhkan halaman anda.

5. Bagi yang masih susah ke index, Simpan artikel di draf sebelum dipublikasikan, setelah spider melakukan submit/index semua artikel misal 10/10 , terbitkan satu per satu artikel baru yang disimpan di draf tadi, misal ada 3 artikel baru, terbitkan 1 artikel tiap 12 jam atau tiap 1 hari, setelah ketiganya disubmit tunggu spider crawl, setelah google melakukan pengindexan maka ketiga artikel yang baru disubmit, akan berstatus indexed semuanya sekaligus.

Menurut saya hal diatas adalah terpenting dalam pengindexan google, sedangkan tips lainnya seperti membangun back link, membuat komentar di blog do follow, pagerank, lamanya umur blog, dll, hanyalah sebagai tambahan untuk memacu traffic pada point ke 3, dan penentu kepopuleritasan blog anda sehingga berpengaruh terhadap peringkat (artikel anda yang sudah terindesk) di halaman search, dihalaman pertama atau terakhir.

Terkadang ada artikel yang sulit ke index jika memakai judul sama / kemiripan sebanyak 80% dengan konten aslinya, sehingga dinilai copas/duplikasi/spammy oleh google, tidak menutup kemungkinan juga untuk blog udah lama atau berpage rank tinggi. Jika demikian maka jangankan ke index, blog anda bisa saja ditendang panda.

Demikian info blogging, tips rahasia cepatnya artikel di index google berdasarkan pengalaman, jika ada tambahan nanti akan diupdate.

10 comments:

  1. waww sangat bermanfaat,
    mudah"han artikel saya bisa cepet terindeks dengan menggunakan tutorial di atas ^_^

    ReplyDelete
  2. aku malah lagi bingung,4 artikel baruku masuk kedalam googlel sandbox,ada yang tau solusi cepatnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi wawan, enginegenie.com untuk pengecekan memang memberikan hasil blog kita terkena sandbox, itu memang sistem google sekarang untuk blog baru, tapi jangan khawatir karena biasanya artikel akan keluar dari SB dan muncul di serp dengan semestinya setelah blog berumur 3-6 bulan.

      Delete
  3. kalo situs2 sepeti detik dot com, lintas dot me kek gitu tehniknya gimana ya? apa SEO memang harus berbayar biar cepet di index google?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Adi tehnik seo itu gratis saja, cuman mungkin maksudnya untuk domain/hosting berbayar ya? saya rasa belum tentu juga yg berbayar cepat ke index, banyak blogger yg gratisan juga cepat, saya rasa sama saja, seperti saya bilang di atas, site/domain baru dibawah 6 bulan untuk masa sekarang rawan kena masalah index/sandbox, itu wajar saja oleh google karena mereka ingin menekan spaming dari situs-situs auto-generating content pada saat ini, kuncinya sabar dan terus bikin update artikel.

      Delete
  4. bro tanya ya..., waktu awal aku aktifkan robot.txt, trus berapa lama kemudian ada tulisan "page is not indexable because of robots.txt exclusion (user-agent:* disallow:/search, apa itu berarti tidak keindeks di pencarian?
    kemudian aku cek di webmaster url di cekal pertama aku cek 56 sekarang bertambah sampai 99, padahal Robotnya udah aku non aktifkan, bisa tolong kasi solusinya bro??biar url yang dicekal bisa bebas..,dan keindeks lagi, makaci sebelumnya, sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. user-agent:*
      disallow: /search
      allow: /
      lengkapnya gitu ya gan? atau tanpa allow:/ ?


      seharusnya jika sudah di nonaktifkan berarti sudah kembali ke setting defaultnya

      disallow: /search fungsinya agar google tidak ikut mengindesk label, itu sih fine aja biar tidak spam

      Delete

Silahkan bertanya dan berkomentarlah sesuai topik

(SPAM) & (ACTIVE LINK) will be deleted,
if can don't use anonymous as it will considered as spam