Tuesday, February 26, 2013

Sistem dan Cara Perangkingan Alexa Traffic

ranking
Ini adalah topik pertama kali mengenai alexa rank sekaligus mungkin yang terakhir, sebagai salah satu pengguna alexa seperti lainnya, pasti kita mengharapkan rangking alexa kita meningkat, maksudnya disini meningkat yaitu semakin menurun/kecil angkanya (khususnya untuk blog pencari penghasilan), karena ranking alexa masih menjadi salah satu indikator pengunjung (sampai saat ini) untuk menilai seberapa besar traffic dan kepopuleritasan suatu website. Berikut adalah Sistem can cara perangkingan alexa


1. Bagaimana Penentuan alexa rank
Apa Alexa itu? bagaimana cara meningkatkan alexa? Untuk meningkatkan alexa kita perlu mengenal dahulu bagaimana cara perhitungannya. Tidak seperti Page rank yang mengandalkan Link in / backlink, sistem Alexa mengukur dan menilai rangking suatu website berdasarkan jumlah kunjungan atau traffic ke website kita dari jutaan pengguna alexa toolbar di seluruh dunia (global) dan secara wilayah (country), yang dimana pengukuran tersebut berdasarkan 2 hal yaitu pageview dan kunjungan (reach).
Kunjungan (reach) ditentukan dari jumlah pengunjung unik pengguna alexa toolbar per harinya baik pengunjung melalui bookmark, situs lain, related article, follower, sosial media, etc, sedangkan Pageview adalah total klik dari jumlah hasil pencarian (search engine) URL website kita dari pengunjung pengguna alexa toolbar. Dengan ketentuan URL yang direquest dihitung hanya sekali dalam sehari dari pengunjung yang sama.
Kedua kriteria tersebut akan digabungkan dalam perhitungan untuk setiap update alexa rangking, situs yang memiliki pageview dan pengunjung (Reach) terbesar akan mendapat rank 1.

Namun untuk perhitungan (daerah) ini sangat tergantung dengan fokus website anda, jika blog anda lokal maka rangking yang mengacu pada region indonesia tentu akan lebih mudah ditingkatkan (seperti kalimat diatas, ada 2 jenis rangking/visitor secara global dan wilayah). Blog yang target pengunjungnya seluruh dunia / tidak terfokus (bahasa luar) akan lebih sulit untuk merampingkan rangking di wilayahnya sendiri (indo) ketimbang blog dengan bahasa lokal (fokus pada wilayahnya).

Standard penilaian alexa berdasarkan global, bukan berdasarkan daerah tetapi ingat, bukan berarti blog yang fokus bahasa lokal tidak bisa menaikkan rank alexa globalnya (karena perhitungan berdasarkan reach dan pageview) tidak peduli asal mereka darimana, menurut saya malah dengan fokus tersebut akan lebih mudah untuk mendapatkan pageview dan reach sehingga mempercepat alexanya langsing.

Pertanyaannya Kenapa harus pengunjung dengan toolbar yang hanya dihitung?
Alexa menerangkan bahwa untuk menghindari spam, robot crawl, dan manipulasi lainnya untuk traffic dan demi akuratnya penentuan rangking website, maka hanya pengguna alexa toolbar yang akan diperhitungkan, dengan kata lain pengunjung yang tidak memasang toolbar di browsernya tidak berdampak banyak untuk alexa blog anda. Oleh sebab itu alexa menyarankan semua pengguna webmaster untuk memakai toolbarnya, semakin banyak pengguna toolbar semakin akurat perangkingan alexa.
Minimnya pengguna toolbar akan menyebabkan blog dengan pengunjung banyak atau ber PR tinggi tidak menjamin alexa rank akan tinggi pula (jika kebanyakan pengunjungnya tidak memakai toolbar) dibandingkan dengan blog yang mendapat kunjungun rutin pengguna toolbar, Misal blog dengan pengunjung 1000 mungkin hanya 200 yang masuk hitungan alexa  (bisa kita lihat contohnya situs tentang tips/trik seo akan lebih mudah meningkatkan alexanya karena rata-rata pengunjung sudah mengenal optimasi).

 2. Kenapa alexa rank bisa Turun padahal traffic meningkat?
Alasan mengapa website mengalami penurunan ranking jika traffic masih bagus dikarenakan penilaian alexa pada saat itu tidak diberikan murni berdasarkan hanya jumlah traffic, tetapi karena traffic dan ranking dari semua website yang memiliki kemiripan dengan website kita. "Perubahan traffic baik itu meningkat atau menurunnya pada website lain yang sejenis akan berakibat pada rangking website disekitarnya".

 3. Kenapa alexa saya masih No data atau No rank
Normalnya perhitungan alexa berdasarkan 3 bulan dari traffic global berdasarkan sumber data mereka, jika "no data" berarti menunjukkan tidak adanya pengunjung dalam tiga bulan terakhir (sejak pemasangan widget jika baru join), Namun biasanya hanya perlu menunggu 1 bulan ada juga yang lebih cepat terupdate tergantung traffic website kita untuk memunculkan data tersebut, alexa juga perlu mengcrawl website kita untuk melakukan update, untuk member premium dipastikan mendapatkan update per hari.

4. Masalah Linkin-in/ backlink
  • Alexa menghitung jumlah link situs, bukan jumlah berdasarkan tiap halaman (1 link = 1 website)
  • update jumlah link dilakukan sekali dalam 1 minggu
  • Mereka tidak menghitung link dari (google, bing, etc)
  • Linkin-in digunakan hanya untuk menentukan reputasi sebuah site
  • alexa memfokuskan crawl pada halaman website yang dapat di index, jadi jika ada link in di halaman yang tidak dapat di crawl, maka link tersebut tidak akan diperhitungkan.
Note : Perankingan Alexa traffic tidak berhubungan dengan kualitas, jumlah link dan seberapa besar relevan Linkin-in /backlink di website kita. (sumber alexa)

SuperA
5. Seberapa besar pengaruh sistem rank Alexa? alexa atau PR mana yang terbaik?
Seperti kita ketahui Page rank merupakan penilaian dari seberapa besar jumlah backlink yang relevan terhadap konten, kualitas seluruh website, dan aktifnya anda mengupdate content, sedangkan alexa hanyalah murni berdasarkan traffic yang dimana dapat kita tingkatkan dengan membangun jejaringan sosial blogger/webmaster (bahkan dengan pertukaran traffic).
Berikut Point perbandingan
Jika Page Rank dan alexa rank tinggi pengunjung/pengiklan tidak akan ambil pusing untuk meninggalkan komentar (demi backlink)/ memasang iklan di website anda
Jika Page rank rendah, bukan berarti website anda tidak memiliki traffic dan muncul di hasil SERP, blog anda masih bisa mendapatkan pengunjung tetap dan bahkan memenangkan posisi serp tergantung dengan konten anda.
Jika Alexa rendah, berarti blog anda miskin pengunjung dan tidak aktif (atau masih baru), walau ber PR tinggi tanpa dukungan pageview/traffic akan sulit meraih posisi puncak SERP, dan pengiklan pun akan berpikir 2 kali untuk memasang iklan. 

Kesimpulan?
Perhitungan sistem ranking Alexa saat ini belumlah sempurna dan tidak bisa menjadi patokan banyaknya pengunjung, tidak semua pengunjung menggunakan toolbar, mungkin jika anda mempunyai 10 teman blogger yg sering blogwalking ke blog anda dengan toolbar akan bisa mengalahkan blog yg jumlah visitornya 100/hari.

Page rank tinggi bukanlah segalanya, apalah arti PR 5 dan banyak backlink jika blog sepi dan tidak ada traffic, tetapi blog yang ber PR 0 masih bisa mendapat traffic lebih banyak jika anda fokus membangun konten menarik, secara real saja jika anda diharuskan memilih salah satu apakah PR 0 atau traffic 0 ? karena tujuan PR pada ujung-ujungnya selalu traffic (bukan berarti PR/backlink tidak berguna ya, tapi itu hanya sebagai salah satu penunjang sama halnya dengan konten anda). Jadi lebih bagus kalau bisa meningkatkan keduanya.

Sekian informasi mengenai Sistem alexa dan cara Perankingan Alexa, silahkan kunjungi jika ingin mengetahui Tentang info backlink lebih lanjut
Untuk yang belum join alexa silahkan daftar di situsnya Alexa.com

23 comments:

  1. Baru tau ane kalo penilaian alexa kayak gitu. Nice post gan

    ReplyDelete
  2. Mas tau ga kenapa sekarang ini alexa justru tidak lagi cepat mengindex jumlah backlink baru,padahal sudah lebih dari 1 bulan di update terus...setelah terjadinya perubahan kira-kira 2 bulan terakhir ini,jujur saja padahal backlink baru sudah lebih dari ratusan yang terpasang,namun belum dihitung alexa juga...jumlah link tetap sama seperti jumlah sebelumnya,berbagai cara sudah saya lakukan..adakag solusi lain kira-kira yang bisa cepat meningkatkan rank alexa tersebut...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditunggu aja mas biasanya update mulai dari 1 hari - 3 bulan
      jika backlink tidak kunjung di data alexa setelah sekian lama, berarti kualitas backlink tersebut dikategorikan sebagai spam. Seperti saya terangkan perhitungan alexa tidak berdasarkan jumlah backlink melainkan murni dari visitor, kunjungan tetap, blogwalking dari follower, jadi tidak ada jalan lain selain bergantung kepada jumlah interest terhadap jenis konten kita
      anda bisa gunakan sosial media seperti komunitas blogger di google+ untuk meningkatkan rank

      Delete
  3. ty untuk info ini.. Oh iy sy mau tanya.. sy sudah seminggu ini melihat peringkat di alexa saya. dari peringkat 13jutaan.. sampai saat ini menjadi 3.2jt. yg jadi pertanyaan nya. ini termasuk normal apa tidak ?? soalnya menurun drastis sekali. tolong dibantu ya :)
    thanks bgt untuk bantuan ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari 13 juta ke 3.2 juta kan bagus, semakin turun semakin top donk :)

      gak kayak blog ane, semakin bertambah angkanya, ga ke urus sih :p

      Delete
  4. maksih gan infonya, da benernya, salam kenal jangan lupa kunjungi nie alamt sapa taw da manfaatnya jg.
    http://www.sukmomebel.com/

    ReplyDelete
  5. wah ternyata begitu ya penilaian alexa..... jadi mesti harus lebih berbenah nih

    ReplyDelete
  6. Memang kok gan saya buktikan sendiri dengan PV yang gedhe akan mengurangi peringkat alexa kita kok.

    ReplyDelete
  7. bener, penghitungannya ane juga gak paham juga. tapi anehnya blog ane yang sepi pengunjung, ternyata angka alexa blog ane lebih kecil daripada tempat ente.
    kalo pengen cek ----> http://ngeblogasyikk.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. makasih infonya jgn lupa datangin website saya www.rajawaliparket.com/

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. makasih infonya gan... sempak.lol

    ReplyDelete
  11. informasi yang sangat menarik.. terimakasih..

    ReplyDelete
  12. bagaimana jika kasusnya, global rank naik tapi country ranknya turun?

    ReplyDelete
  13. Submit your blog or website now for listing in Google and 300+ search engines!

    Over 200,000 sites listed!

    SUBMIT NOW with I NEED HITS!

    ReplyDelete
  14. bingung carane gan gonanku r ke indek alexa ki www.santriyai.com op mslahe yo

    ReplyDelete
  15. Terima kasih infonya, sangat membantu sekali, tapi intinya kan pageview dan banyaknya jumlah pengunjung yang masuk ke web.

    ReplyDelete

Silahkan bertanya dan berkomentarlah sesuai topik

(SPAM) & (ACTIVE LINK) will be deleted,
if can don't use anonymous as it will considered as spam