Monday, April 1, 2013

Pengaruh Komentar blog DoFollow dan NoFollow

komentar
Apa saja pengaruh berkomentar? Mungkin banyak dari kita menyepelekan hal dalam berkomentar saat blogwalking, apalagi blog yang dikomentari adalah dofollow. Komentar memilki pengaruh yang tidak sedikit pada sebuah blog, sekecil apapun komentar anda baik itu berbobot, spam, atau hanya sekedar sapaan akan tetap memilki dampak untuk blog anda, blog yang dikomentari, reputasi pemilik dan anda sendiri. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu, akan saya kategorikan untuk akibat komentar dari spam sampai berbobot baik itu blog DoFollow dan NoFollow.



Pengaruh Komentar Terhadap Pemilik blog
Blog do-follow dengan no-follow tentunya berbeda dalam menanggapi link masuk para komentator, karena dofollow akan secara langsung memberikan Link nya terhadap blog pengunjung untuk memfollow / mengikuti, memberikan pageranknya atau perekomendasian. Sedangkan blog Nofollow memiliki arti untuk tidak menginstruksikan google crawl untuk mengikuti dan menyalurkan pageranknya (backlink) kepada link pengunjung. Beberapa blog mensetting audience komentarnya hanya untuk pengguna akun seperti google+ atau WP (mendisable anonymous, OpenID dan Name/URL) otomatis akan sama seperti nofollow walaupun blog komentarnya adalah dofollow (kecuali pengunjung di ijinkan untuk meninggalkan link hidup / hyperlink di kolom komentar).

1. Pengaruh komentar Spam Terhadap pemilik blog
Spam adalah auto generated comment dari software yang digunakan seseorang untuk menyebar komentar, sama halnya dengan auto generated content, komentar auto spam ini biasanya meninggalkan active link mengarah ke site mereka dan tidak memiliki hubungan dengan isi topik.

cara mengatasi komentar spam blog dofollow / nofollow
  • Google menyarankan Captcha, Jika blog anda di setting menggunakan captcha untuk pengunjung yang ingin berkomentar, komentar spam tidak akan bisa nembus blog anda, mereka akan disaring pada wadah spam secara otomatis (untuk blogger), anda bisa lihat biasanya komentarnya berbahasa inggris. 
  • Jika ada spam komentar secara manual, perlu mengaktifkan teknik kedua yaitu moderasi karena captcha tidak akan bisa menghalau mereka, dengan moderasi anda bisa memutuskan komentar mana yang layak ditampilkan sesuai peraturan blog anda, memang ini akan malah memakan waktu lebih banyak, karena anda harus mengapprove setiap komentar secara manual.
  • Jika blog anda masih kebanjiran spam dan anda tidak mau repot memoderasi maka bisa menggunakan setting komentar hanya untuk pengguna akun (disable name/Url), disamping pengguna tidak dapat mendapatkan backlink tanpa hyperlink anda juga akan mendapatkan pengunjung yang tertarget.
  • Cara lainnya adalah dengan menonaktifkan hyperlink pada kolom komentar, menggunakan robot.text untuk memblock halaman komentar menjadi no-index, bahkan jika perlu menonaktifkan total kolom komentar pada artikel. Namun semua cara tersebut saya rasa tidaklah perlu dan sebagian tidak menyelesaikan permasalahan spam (hanya menonaktifkan link) , dengan menggunakan captcha dan moderasi saja sudah lebih mudah (saat ini saya hanya menggunakan captcha belum pada tahap moderasi) anda tinggal checklist komentar yang diterbitkan dan pindahkan ke spam / hapus, Contoh gambar dibawah
spma komentar


Komentar auto spam tidaklah bermutu dan tidak bagus sama sekali untuk disimpan baik blog dofollow atau nofollow, karena jenis komentar ini sering digunakan pada ratusan blog, sehingga keyword mereka tidaklah bermutu untuk topik anda dimata google. Jika kometar link terlalu banyak itu juga akan membuat "page rank flow" turun, karena external link / link keluar bertambah, sedangkan anda tidak menerima keyword bermutu mengenai topik anda.

Sebenarnya ada cara untuk mengubah active link (hyperlink) dari pengunjung menjadi mengarah ke url blog kita, misal ke homepage, menurut saya active link bisa di bilang anchor text, haruslah relevan dengan alamat link yang dituju , jika setiap link spam di arahkan ke homepage anda, berarti sama saja anda menggunakan berbagai macam keyword untuk homepage. Ini dapat menyalahkan tujuan pengunjung atau disebut sebagai cloaking, sneaky direct, takutnya homepage anda akan hilang dari search engine karena menggunakan keyword-keyword spam tersebut untuk kepentingan serp, sehingga kena deindex google.

Google hanya menyarankan untuk menonaktifkan hyperlink dan menggunakan anchor text relevan seperti, link "obat mujarab" mengarah ke artikel terkait tentang obat,
berarti untuk homepage link yang bagus adalah "Home" / "judul blog anda" <-- yang sudah tersedia pada setiap label utama halaman, jadi tidak perlu lagi anda tambahkan.

Terakhir
Spaming juga akan menurunkan reputasi blog anda menurut pandangan pengunjung dan google karena dikira hanyalah sebagai ajang iklan baris yang tidak di perdulikan, sehingga pegunjung pun ikut-ikutan nyepam (ibaratnya karena nila setitik rusak susu sebelangga)

2. Pengaruh Komentar biasa
nice info,
makasih sob mampir balik ya,
kerennn..,
membantu sekali artikelnya gan,
pertamax!! 
Ini tidaklah seburuk spam dengan active link, bisa digolongkan mini spam, paling tidak mereka memberikan sebilah kalimat, karena udah mampir ke blog anda, sekarang tinggal anda yang menentukan untuk menampilkan atau tidak, Biasanya owner yang mementingkan kualitas blognya (do-follow) sangat ketat dalam menyaring comment, dari segi bahasa (alay atau tidak) sampai hubungan komentar dengan topik, tapi buat anda yang friendly baik do-follow / no-follow mungkin tidak terlalu masalah.

Komentar-komentar tersebut tidak memiliki keyword yang berhubungan dengan topik anda, sehingga tidak akan membangun konten tersebut, sedangkan link dari Name/Url mereka akan berpengaruh terhadap jumlah external link di website kita. Jika anda tidak menginginkan hal ini moderasi adalah jalan terbaik. jika anda tidak ingin moderasi, sertakan hyperlink anda (bisa secara manual di setiap balasan) yang mengarah ke main topik atau artikel terkait lainnya (untuk menambah internal link). Tinggal tambahkan pada kolom komentar :
<a href="URL konten anda">anchor textnya</a>

3. Komentar berbobot
Komentar yang mengena dengan topik, mengandung beberapa kata kunci dengan masalah yang dibahas, saya sangat menyukai orang-orang ini karena mereka secara tidak langsung membangun artikel saya dengan saran, pertanyaan dan kritiknya, biasanya saya langsung akan mengunjungi balik site mereka dan memberikan komentar balik. Komentar yang mengena dan relevan dengan topik akan sangat dihitung keywordnya dan bagus untuk meningkatkan SERP artikel anda (contoh seperti yahoo answer / forum-forum / ask.com).


Dampak komentar terhadap Komentator
Jika anda Menggunakan Name/URL maka anda akan mendapatkan backlink dari blog do-follow dan beberapa traffic dari pengunjung lain. Namun jika anda tidak ingin mendapatkan backlink dari blog tersebut karena bukan se-niche dengan blog anda, gunakanlah akun google+ , karena profil google+ adalah alternatif yang dberikan google untuk kemudahan bersosialisasi kepada blogger lain tanpa mempengaruhi link blog anda. Jadi jangan takut untuk berkomentar pada blog ber PR rendah / blog baru / blog bukan se niche. Selain google+ ada juga WP / LiveJurnal / OpenID jika memang anda punya akun tersebut.

1. Komentar spam
Sebagai pengguna auto generate, anda bisa saja dilaporkan karena menyalahi aturan, auto-generate dikategorikan sebagai black-hat seo. Komentar anda tidak akan muncul pada blog anti-spam dengan moderasi dan captcha. Jika anda berkomentar secara manual tetap saja bau spamnya masih ada (karena active linknya gak ketinggalan.) Jika dihapus maka sia-sialah usaha anda, lebih baik ikuti peraturan janganlah tergesa-gesa dan over optimasi untuk kepentingan SEO, oleh karena untuk seo anda harus lebih mengetahui tata cara berkomentar yang baik. Jika anda spammer bisa dibilang anda lebih bodoh dari newbie (sudah tau itu salah dan bisa di blacklist, tapi masih dilakukan)

2. Komentar biasa
Bisa juga di ibaratkan blogwalking, untuk mendapatkan backlink dan traffic, ini disalah artikan dengan maksud blogwalking jadi bukan berarti anda hanya sekedar lewat terus meninggalkan jejak telapak kaki, kolom komentar bukanlah Cbox / livechat yang isinya bisa berupa "Hi salam kenal" (sebenarnya saya mau naruh cbox tapi karena setting terbatas untuk free member maka tidak maksimal untuk pengaturan bots spammer)
Dengan ucapan pertamax / "ty" di setiap artikel tidaklah diperhatikan orang banyak. Selain itu reputasi anda akan turun di hadapan pemilik blog karena tidak membaca peraturan untuk meninggalkan komentar yang baik. Jika tujuan anda hanya backlink ya tidak terlalu masalah (padahal blog yg dituju nofollow).

3. Komentar berbobot
Tentunya akan meningkatkan reputasi si pengomentar dihadapan pengunjung lain dan pemilik blog. Bahkan jika anda memberikan masukan atau pertanyaan bagus, biasanya memberi url link pun tidak menjadi masalah, selama masih ada hubungan dengan topik.
Selain itu jika orang melihat komentar anda yang maknyoss, akan memberikan mereka rasa penasaran untuk mampir ke blog anda.

Apa pengaruh banyak Komentar?
Banyaknya komentar pada sebuah blog akan memberikan dampak positif lebih besar daripada dampak negatifnya, banyak komentar menandakan blog anda aktif dan topik sangat menarik bagi visitor saya pikir ini adalah salah satu harapan dari semua blogger, asalkan komentar yang ditinggalkan bukanlah spam, pengaruhnya sangat efektif untuk ranking search engine baik itu do follow maupun no follow, 10 komentar dari pengunjung yang berkaitan dengan topik serta balasan anda lebih bernilai ketimbang 100 komentar peninggal jejak.
Terlalu banyak komentar spam akan berpengaruh buruk terhadap reputasi blog dofollow dan nofollow, hal ini lebih sering ditemukan pada komentar blog dofollow, mungkin hanya ini kerugian dari blog dofollow oleh karena itu anda diharuskan untuk lebih aktif, memberikan backlink anda kepada pengunjung bukanlah hal yang perlu ditakuti selama komentar yang diberikan sesuai dengan topik maka manfaat untuk blog anda tidak bisa dibayangkan, manfaat blog dofollow adalah sebagai berikut


Manfaat Blog dengan komentar dofollow
1. Blog akan mendapatkan potensi komentar lebih banyak
2. Meningkatkan blog subscribser dan follower = pengunjung tetap
3. Meningkatkan traffic
4. Kemungkinan dapat backlink dari blog lainnya
5. SE melihat blog anda lebih aktif = crawl lebih banyak
6. Meningkatkan pageview = bouncing rate turun, banyaknya komentar akan memberikan kesan positif bagi pengunjung untuk melihat artikel anda lainnya.


Demikian beberapa pengaruh dari Komentar untuk si pemilik blog maupun pengunjung, dengan informasi tentang akibat komentar dan manfaatnya semoga kita lebih menghargai tulisan dan karya sesama blogger. marilah kita tingkatkan sosialisasi blogger dengan komentar yang membangun dan menghindari komentar yang merugikan seperti para spammer.

66 comments:

  1. makasih atas komentar blognya tentang yang blog dofollow, sangat bermanfaat bagi saya :)

    ReplyDelete
  2. Wauww.. Postingannya sangat bagus dan bermanfaat buat banyak orang gan.. Nice share and thanks

    ReplyDelete
  3. Berbagi info yang menarik terima kasih pencerahan nya mas :)

    ReplyDelete
  4. Gan, Kan di atas dibahas tentang pengaruhnya komentar blog dofollow dan Nofollow.
    kalau di blog agan ini pilih yg mana??? Trus agan yg pakai skrg apa..???
    Krn sy msh galau nihh gan, pilih Dofollow atau Nofollow, jadi butuh msukan... hehehehee... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih nofollow gan
      karena saya tidak pakai moderasi pada komentar mengingat tidak banyak waktu luang ngeblog saat ini, (jadi biar minim spam)
      kalau agan aktif ngeblog ya silahkan dofollow biar banyak dapat masukan

      Delete
  5. Mampir di blog juragan,....salam kenal ya

    ReplyDelete
  6. Mampir juga di blog saya biar tambah pengunjung

    ReplyDelete
  7. Kalo lapak saya enakan dofollow atau nofollow gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk lapak, dofollow lebih bagus gan.
      komentar yang positif sekecil apapun tentang produk/jasa agan, sangat berguna

      Bisa di ibaratkan sundulan. Jadi maksimalkan saja alat pemicu tersebut.

      Delete
  8. gan, mau tanya nich. klo blog jualan enakan mana? dofollow apa nofollow gan?

    ReplyDelete
  9. Gan bagaimana caranya buat blog dofollow dan nofollow? apanya yang dirubah? maaf kalau pertanyaannya terlalu mendasar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari
      <a expr:href='data:backlink.url' rel='nofollow'

      rel='nofollow' nya dihapus untuk bikin dofollow

      untuk lebih jelasnya di blog lain sudah banyak menjelaskan cara mengubahnya, jadi silahkan search aja di google tentang cara mengubah blog jadi nofollow atau dofollow

      Delete
  10. masih bingung gan masalah dofollow dan nofollow?

    kenapa bisa dodollow?
    kena juga bisa bofollow?
    mohon penjelasannya?maklum masih baru..
    terimakasih

    ReplyDelete
  11. Perbedaan no follow dan do follow itu gimana yah gan, masih belum ngeh nh

    ReplyDelete
  12. terimakasih gana atas info dan tips nya
    di tunggu kunjungan balik nya

    terimakasih

    ReplyDelete
  13. makasih gan atas infonya...
    kalau boleh tahu. ?
    apa manfaat blog nofollow selain dari jauhnya spammer..

    ReplyDelete
    Replies
    1. manfaat lainnya pagerank blog tidak terpengaruh oleh banyaknya spammer, karena nofollow tidak memberikan link juicenya ke si pengomentar
      ok, makasih juga gan

      Delete
  14. nyimak dlu sob. gw blm ngrti dofolloe nofollow.
    comment back ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sob, udah saya kunjung balik blognya

      Delete
  15. terima ksih infonya sangat berguna sekali , salam kenal http://it-inc.blogspot.com/

    ReplyDelete
  16. gan, apakah kalo kita memberi komentar di blog nofollow, kita bisa mendapatkan backlink juga???

    ReplyDelete
    Replies
    1. no follow tidak diperhitungkan google sebagai backlink / link juice yang mempengaruhi ranking. Namun hanya berfungsi untuk membantu crawl dan index.

      sebaliknya yahoo/bing dan alexa memperhitungkan nofollow sebagai backlink
      jadi berkomentar di blog no follow bisa untuk mendapatkan traffic tambahan.

      Delete
  17. klik zila... sy mau tny.
    1) saat kita ingin meninggalkan link dikomentar yg dofollow/nofollow kita seharusnya meninggalkan link berupa www[dot]domain[dot]com atau keyword ya ??
    2) sy pernah denger katanya kl kita incer 1 keyword kita komentar di blog lain dengan Keyword yang kita mau dan berisi link ke web kita ya ?? (Contoh : perlengkapan bayi)
    kata "perlengkapan bayi" ini sudah menjadi keyword yang saya targetkan ya ? apakah begitu ?? soalnya sampai sekarang masih galau hahaha.. makasih ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hay...sory winda baru blas, (jrang ngeblog, udah kerja hehe)

      iya btul sekali, mending pake keyword aja, atau judul blognya kayak "K-baby" yg berisi link ke homepage

      Delete
  18. Salam gan, memang betul si, contonya situs saya, saya menggunakan 100% dofollow, akhirnya saya menghilangkan kolom komentar. lalu sekarang saya menyediakan halaman khusus untuk komentar dengan CommentLuv, soalnya Saya tidak mau menghilangkan status situs saya yang sudah terlanjur mengklaim situs Dofollow. Memang cape memoderasi dan mengedit komentar SPAM terus menerus. Ya itulah sebuah resiko yang harus siap kalau membuat situs dofollow.
    Terimakasih gan, salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  19. terima kasih atas info bermanfaatnya mas....

    salam kenal dari saya mas...

    ReplyDelete
  20. Tanks gan, tapi ane masih bimbang folow n no folow punya kelebihan da kekurangan masing2. So masih dipertimbangkan mau ane pilih nana tanks atas ilmunya

    ReplyDelete
  21. balabaabalabaabaasjdglasgdautfiasfbtasdufasdlfoasdfdah

    ReplyDelete
  22. mau nanya nih gan..butuh berapa lama dapat backlink (setelah meninggalkan komentar) dari blog dofollow? terus kalo saya meninggalkan link hidup dengan keyword
    (ex: seragam olahraga pada blog nofollow akan berpengruh ke blog saya atau tidak, kalau ia pengaruhnya apa? salam kenal dan makasih infonya....

    ReplyDelete
  23. o ya gan saya juga pernah baca artikel kalau ninggal komentar dengan tulisan yang sesuai judul artikel pemilik blog dan di bold (ex: pengaruh blog dofollow dan nofollow maka itu sangat berguna bagi artikel tersebut tapi bagi blog komentatornya ada manfaat gak?paling tidak gak merugikan kan?

    ReplyDelete
  24. Informasinya sangat bermnanfaat sekali teman. Terima kasih banyak. Semoga sukses terus.

    ReplyDelete
  25. infonya bagus sekali gan buat sy yg newbie ini

    ReplyDelete
  26. Semanagt terus buat berbagi ilmu yang lainnya. Terima kasih atas informasi yang terah disajikan. Semoga bermanfaat. Semoga semakin sukses

    ReplyDelete
  27. Semoga apa cita-cita kita semua dapat tercapai. Semuanya tidak lepas dari restu dan do'a kedua orangtua. Maka dari itu hormatilah mereka dan sayangilah keduanya. Jangan lupa untuk mendo'akan mereka juga setiap harinya.

    ReplyDelete
  28. Semoga apa cita-cita kita semua dapat tercapai. Semuanya tidak lepas dari restu dan do'a kedua orangtua. Maka dari itu hormatilah mereka dan sayangilah keduanya. Jangan lupa untuk mendo'akan mereka juga setiap harinya.

    ReplyDelete
  29. info2nya selalu menarik... makasih ga.. salam....

    ReplyDelete
  30. terimakasih banyak infonya,,sangat membantu sekali mas. saya coba aplikasikan ilmunya

    ReplyDelete
  31. Submit your website or blog now for indexing in Google and over 300 other search engines!

    Over 200,000 websites handled!

    SUBMIT TODAY with I Need Hits!

    ReplyDelete
  32. If you'd like an alternative to casually approaching girls and trying to find out the right thing to say...

    If you would prefer to have women chase YOU, instead of spending your nights prowling around in crowded pubs and restaurants...

    Then I encourage you to view this short video to find out a strong little secret that has the power to get you your personal harem of beautiful women just 24 hours from now:

    FACEBOOK SEDUCTION SYSTEM...

    ReplyDelete
  33. Ever wanted to get free Google+ Circles?
    Did you know that you can get them AUTOMATICALLY & ABSOLUTELY FOR FREE by using Like 4 Like?

    ReplyDelete
  34. If you want your ex-girlfriend or ex-boyfriend to come crawling back to you on their knees (no matter why you broke up) you need to watch this video
    right away...

    (VIDEO) Why your ex will NEVER come back...

    ReplyDelete

Silahkan bertanya dan berkomentarlah sesuai topik

(SPAM) & (ACTIVE LINK) will be deleted,
if can don't use anonymous as it will considered as spam